FITNESS & HEALTH

5 Cara Atasi Jerawat karena Masker

Kumara Anggita
Minggu 29 November 2020 / 14:00
Jakarta: Penggunaan masker secara berkelanjutan bisa mendorong timbulnya jerawat. Untuk itu kamu perlu mengatahui cara merawat kulit dengan benar saat kamu lagi intens-intensnya pakai masker itu.

Menurut, dr. Kardiana P. Dewi, Sp.KK selaku Dermatovenereologist, kamu bisa menghindari timbulnya jerawat di masa-masa ini dengan cara:
 

1. Menggunakan masker yang tepat


Masker yang tepat adalah salah satu cara untuk membuat kulit kamu bersih terjauh dari timbulnya jerawat. Bagaimana sih masker yang tepat itu?

“Maskernya harus bersih, bahannya juga yang menyerap, dan kita juga harus cuci dengan detergen atau pembersih yang lembut. Kalau kita pakai masker yang bahannya tidak menyerap, terlalu ketat, dan cuci dengan detergen yang terlalu kuat, kadang pada orang dengan kulit senitif akan membuat kulit semakin meradang karena menempel ke muka,” paparnya pada Medcom.id di 3M Talk Series.
 

2. Rajin mencuci wajah


Selain masker, kamu juga perlu untuk menjaga kebersihan wajah. Pastikan kamu lebih ekstra perhatian dengan kulit wajah kamu saat ini. “Dengan kita lebih rajin membersihkan wajah maka otomatis muka yang bersih akan melindungi dari terjadinya infeksi dan kotor-kotor lain,” jelasnya.
 

3. Tetap menggunakan pelembap


Jangan lupa pula untuk menggunakan pelembap. Masa pandemi kamu tidak boleh longgar pakai pelembap. “Orang masa-masa ini malas pakai pelembap karena merasa jadi lengket. Namun perlu diketahui bahwa orang yang berjerawat pun perlu pelembap di wajahnya," papar dr. Kardiana.

"Namun kalau kondisi kulit sedang berminyak pakai yang water base pelembapnya dan mengandung asam salisilat. Ini bisa membantu mengontrol minyak dan membuang sel kulit mati dan bekas jerawatnya pun lebih samar,” paparnya.
 

4. Pakai tabir surya


Tabir surya juga membantu kesehatan kulit kamu. Namun pastikan pakai tabir surya yang bahannya ramah untuk kulit kamu di masa-masa ini. “Cari bahannya yang losion yang bahannya lebih gel. Jangan yang krim,” jelasnya.
 

5. Hindari pakai make up


“Dan kalau bisa sebisa mungkin tidak pakai make up di area yang tertutup masker. Ini akan buat pori-pori semakin tertutup. Tidak ada sirkulasi dan jadilah radang,” ungkapnya. Dan jangan lupakan juga ya tetap mematuhi protokol kesehatan 3M lainnya yaitu rajin mencuci tangan serta menjaga jarak.

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)