FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Kismis sebagai Camilan yang Sehat

Raka Lestari
Kamis 18 Februari 2021 / 14:26
Jakarta: Kismis terbuat dari buah anggur yang dikeringkan, baik dikeringkan di bawah sinar matahari atau mengeringkannya langsung di pohonnya.

Rasanya yang manis dan sedikit asam membuatnya disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, ternyata kismis juga memiliki berbagai manfaat.

Dilansir dari Wellandgood, berikut ini adalah manfaat dari konsumsi kismis yang bermanfaat untuk kesehatan:
 

1. Kaya akan antioksidan


“Sama seperti anggur, kismis adalah sumber antioksidan yang baik,” kata ahli diet terdaftar Jessica Bippen, RD. "Ini karena mereka tinggi akan jenis antioksidan tertentu yang disebut polifenol." 

Dia menjelaskan bahwa polifenol membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi peradangan menjadikannya salah satu manfaat terbesar kismis.

Bippen menambahkan bahwa mereka juga bagus untuk kesehatan otak, terhubung untuk meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi dari penyakit kognitif, seperti Alzheimer dan demensia.
 

2. Bermanfaat bagi kesehatan jantung


Bippen juga mencatat kandungan penitng dalam kismis yaitu zat besi. "Terutama pada mereka yang melakukan diet vegan atau plant based basanya tidak mendapatkan zat besi dalam jumlah cukup. Untuk itu, mengemil kismis bisa membantu mencukupi kebutuhan tubuh," katanya.

Zat besi membantu aliran darah, katany yang secara langsung bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. “Agar zat besi dapat diserap dengan baik, itu harus dipasangkan dengan vitamin C. Kismis sebenarnya memiliki nutrisi itu juga, jadi kamu bisa mendapatkan keduanya dari sumber yang sama,” tambahnya.
 

3. Bermanfaat untuk kesehatan tulang


Kismis juga mengandung sedikit kalsium, yang menurut Bippen dapat mendukung kesehatan tulang. Selain baik untuk tulang, termasuk juga gigi kamu Bippen menambahkan bahwa kalsium memainkan peran penting dalam fungsi otot. Ini membantu menyampaikan pesan dari otak ke otot.
 

4. Mengandung serat yang baik


Satu ons kismis mengandung 1 gram serat, yang bisa bermanfaat meskipun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. "Saya tidak menggunakan kismis sebagai sumber utama, tetapi itu merupakan bonus yang bisa sangat bermanfaat jika dikonsumsi," ujar Bippen.

Serat merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh, membantu menurunkan inflamasi dan meningkatkan kesehatan usus.
(TIN)