FITNESS & HEALTH

Apakah Pakai Masker Bisa Memperburuk Gejala dan Memicu Serangan Asma?

Kumara Anggita
Rabu 31 Maret 2021 / 16:11
Jakarta: Pada masa pandemi ini, kita semua harus menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker agar kita menjaga diri sendiri maupun orang lain. Namun beberapa orang berpikir bahwa memakai masker bisa memperburuk mereka yang penderita asma. Kira-kira apakah ini benar?

Mengutip dari Healthline, Dr. Payel Gupta, seorang spesialis alergi dan imunologi menjelaskan bahwa, menggunakan masker seharusnya memicu serangan asma. Pemicu utama asma adalah alergen, olahraga, udara dingin, stres, dan hal-hal semacamnya.

“Jadi, bagi sebagian orang, memakai masker bisa membuat stres. Itu mungkin bisa memicu asma mereka. Tapi seharusnya tidak. Tidak ada alasan mengapa masker memicu reaksi (asma) kamu,” paparnya.
 

Lepaskan masker ketika sesak napas


Namun, jika kamu sudah mengalami serangan asma dan sesak napas, mengenakan masker dapat membuat kamu merasa lebih sesak napas. Dalam situasi tersebut, orang dapat menunggu sampai asmamu terkendali dari kejauhan.

Sementara, jika kamu berdekatan dengan mereka yang sedang sesak dan tak pakai masker, kamu sebaiknya menjaga jarak dari 10 hingga 15 kaki.

Bikin dirimu berada dalam situasi yang berventilasi baik di luar ruangan. Tetapi sekali lagi, Dr. Payel mengingatkan bahwa jika kamu batuk, kamu harus berhati-hati dalam menjaga keamanan orang lain di sekitarmu.

Ingat walaupun sekarang berbagai kelompok sudah mulai divaksinasi, kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Tetaplah pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.
(FIR)