FITNESS & HEALTH

Termasuk Mengurangi Risiko Kanker, Ini 6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Raka Lestari
Rabu 11 November 2020 / 06:00
Jakarta: Pisang merupakan salah satu buah yang populer di seluruh dunia. Pisang mengandung nutrisi esensial yang dapat memiliki damak untuk kesehatan.

Mengonsumsi pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan dapat mengurangi risiko kanker. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah manfaat lengkap dari buah pisang:
 

1. Tekanan darah


American Heart Association (AHA) menganjurkan untuk menurunkan asupan garam atau sodium dan meningkatkan asupan makanan yang mengandung potasium. Hal ini karena potasium dapat membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Satu buah pisang berukuran sedang, dapat memnuhi sekitar sembilan persen dari kebutuhan setiap orang akan potasium per hari.
 

2. Asma


Pada sebuah studi 2007, menemukan bahwa mengonsumsi pisang dapat membantu mencegah terjadinya mengi pada anak-anak yang memiliki asma. Salah satu alasannya adalah karena kandungan antioksidan dan potasium pada pisang. Meskipun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut.
 

3. Kanker


Pisang mengandung lektin yang dapat mencegah sel leukemia berkembang. Lektin bertindak sebagai antioksidan.

Antioksidan dapat membantu tubuh untuk membuang molekul yang dikenal juga dengan radikal bebas. Jika terlalu banyak penumpukan radikal bebas, akan terjadi kerusakan sel yang berpotensi menjadi kanker.
 

4. Kesehatan jantung


Pisang mengandung serat, potasium, folat, dan antioksidan seperti vitamin C yang semuanya dapat mendukung kesehatan jantung. Berdasarkan sebuah tinjauan pada 2017 juga menemukan bahwa, seseorang yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki risiko penyakit kardiovaskular yang rendah.
 

5. Diabetes


American Diabetes Association merekomendasikan untuk mengonsumsi pisang dan buah-buahan lainnya yang mengandung serat. Hal ini karena mengonsumsi serat dapat membantu menurunkan level gula darah.
 

6. Kesehatan pencernaan


Pisang mengandung air dan serat, yang keduanya dapat meningkatkan buang air besar secara teratur dan membuat sistem pencernaan lebih sehat. Satu buah pisang berukuran sedang, dapat memenuhi 10 persen kebutuan harian akan serat per harinya.
(FIR)