FITNESS & HEALTH

4 Penyebab Kamu Merasa Kedinginan Sepanjang Hari

Raka Lestari
Selasa 10 November 2020 / 16:06
Jakarta: Pada saat memasuki musim hujan, wajar jika kamu merasa kedinginan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan selimut tebal agar merasa hangat.

Namun terdapat beberapa alasan mengapa kamu selalu merasa kedinginan, bahkan meskipun cuaca di luar sedang tidak dingin atau hujan. Dan, ternyata penyebab kamu selalu merasa kedinginan ada hubungannya dengan apa yang ada di dalam tubuh.

Dikutip dari Elite Daily, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kamu selalu merasa kedinginan setiap saat:
 

1. Kamu mengalami anemia


"Memiliki anemia merupakan salah satu penyebab umum kamu merasa kedinginan," ujar Samantha Morrison, ahli kesehatan dan kesejahteraan dari Glacier Wellness.

Jika kamu tidak cukup mengonsumsi lemak sehat atau karbohidrat atau mengonsumsi gula dalam jumlah cukup, bisa mengonsumsi beberapa makanan untuk mengatasinya. Morrison menyarakan untuk mengonsumsi apel dan pisang pada siang hari untuk meningkatkan sistem peredaran darah.
 

2. Kamu mengalami hipotiroidisme


Menurut Harvard Health, hipotiroidisme merupakan kondisi yang menyebabkan tiroid bekerja tidak sebagaimana mestinya yang dapat berpengaruh pada tubuh. Salah satu gejala dari masalah ini disebut dengan 'cold intolerance'.

Dan menurut Harvard Health, sel-sel yang melambat dapat membakar lebih sedikit energi, sehingga tubuh memproduksi lebih sedikit panas yang membuatmu merasa lebih dingin dari biasanya.
 

3. Kamu sedang sakit


"Salah satu alasan merasa dingin adalah ketika tubuh melakukan serangan untuk melawan infeksi. Kamu merasa dingin karena tubuh berusaha membakar energi dan meningkatkan suhu inti tubuh," kata dokter kesehatan masyarakat Dr Obianuju Helen Okoye, MD, MBA, MS-Epi. 

Sehingga jika kamu merasa dingin dan sedang demam. Hal itu disebabkan karena infeksi yang terjadi dalam tubuh.
 

4. Kamu sedang merasa gelisah


"Ketika kamu merasa gelisah, aliran darah akan dialihkan dari kaki dan tangan menuju organ yang lebih besar di tubuh," ujar Anne Marie Albano, PhD, seorang profesor psikologi medis di Columbia University Medical Center.

Tubuhmu sedang berada dalam kondisi 'fight or flight' dan mengarahkan darah untuk menjaga jantung, yang menyebabkan ujung jari tangan dan kaki kekurangan asupan darah. Dengan kurangnya aliran darah pada ujung tangan dan kaki, kamu akan mulai merasa kedinginan.
(FIR)