FITNESS & HEALTH

5 Lemak Sehat untuk Diet Keto

Kumara Anggita
Senin 26 Oktober 2020 / 19:15
Jakarta: Bila kamu mengikuti diet ketogenik (keto), kamu perlu ingat bahwa tidak semua lemak bisa dimakan. Beberapa sumber lemak lebih baik daripada yang lain, dan kamu perlu tahu lemak macam apa yang dimaksud.

Lemak yang sehat untuk diet keto antara lain dilansir Healthline:
 

1. Alpukat dan minyak alpukat


Sumber menunjukkan bahwa alpukat tidak hanya merupakan sumber lemak penyehat jantung yang sangat baik, tetapi juga menyediakan serat dan vitamin dan mineral esensial dalam jumlah yang besar.

Penelitian menunjukkan bahwa alpukat dan minyaknya dapat mendukung kesehatan jantung, gula darah seimbang, dan penuaan yang sehat.
 

2. Kacang


Sumber menunjukkan bahwa memasukkan berbagai jenis kacang dalam makananmu adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan lemak sehat, protein nabati, dan serat. Selain itu, asupan kacang yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan kematian yang terkait dengan kanker, diabetes, dan penyakit pernapasan.

Pistachio, kenari, almond, pecan, kacang mete, dan kacang Brasil adalah pilihan bagus untuk diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak seperti keto. Bawalah kacang campur sebagai camilan, taburkan di salad dan sup, atau buat selai dari kacang untuk roti kamu.
 

3. Biji chia


Biji chia kaya akan lemak dan serat yang sehat. Sehingga cocok sekali untuk diet keto.

Sumber menunjukkan bahwa biji ini juga mengandung berbagai senyawa tumbuhan. Termasuk quercetin dan kaempferol, yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kondisi kronis, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.
 

4. Ikan berlemak


Ikan berlemak seperti salmon, tuna, ikan teri, dan sarden adalah tambahan yang bagus untuk diet ketogenik yang sehat. Sumber menunjukkan bahwa makanan ini kaya akan protein berkualitas tinggi dan lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Jenis tertentu seperti salmon juga menyediakan vitamin D dalam dosis besar, nutrisi penting untuk fungsi kekebalan tubuh, kesehatan tulang, dan masih banyak lagi.
 

5. Telur


Telur bergizi dan serbaguna, menjadikannya tambahan yang mudah untuk diet ketogenik. Sumber menunjukkan bahwa kamu baiknya  makan telur utuh karena kuning telur kaya akan vitamin B dan antioksidan kuat lutein dan zeaxanthin, yang mendukung kesehatan mata.
(FIR)