FITNESS & HEALTH

5 Alasan Matcha Lebih Baik Daripada Kopi Menurut Ahli

Yuni Yuli Yanti
Kamis 02 Desember 2021 / 09:13
Jakarta: Matcha mungkin bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin menggantikan konsumsi kopi di pagi hari. Bahkan, seorang ahli mengatakan minuman berwarna hijau itu justru jauh lebih sehat. 

Menurut Prachi Jain, ahli diet di Rumah Sakit CK Birla, India, matcha adalah minuman nol kalori.
"Memang kopi dikenal dapat memberikan asupan energi untuk menyiapkan pikiran dan tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari.  Namun, beralih dari kopi ke matcha bisa menjadi pilihan yang baik karena memberi Anda energi yang sama tanpa efek samping yang buruk”," tutur Jain kepada HealthShots. 


(Matcha mengandung nol kalori dan bermanfaat bagi mereka yang ingin mengurangi kalori dalam teh atau kopi ekstra. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Jain pun menyebutkan ada lima alasan mengapa matcha lebih baik daripada kopi, di antaranya:


1. Kandungan kafein dalam matcha lebih tinggi dari teh hijau dan jauh lebih sedikit daripada kopi, yang merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. 

2. Matcha mengandung 25-30 mg kafein. Ini merupakan jumlah yang jauh lebih sedikit daripada kopi. Matcha dapat membantu mencegah kecanduan kafein dan menjaga tubuh tetap tenang serta fokus. 

3. Sulit untuk memproses kafein dalam kopi, sementara matcha lebih sehat dan lebih aman. 

4. Matcha mengandung nol kalori dan bermanfaat bagi mereka yang ingin mengurangi kalori teh atau kopi ekstra. 

5. Konsumsi kopi yang berlebihan dapat membuat kamu merasa cemas dan lepas dari kecanduan kopi bukanlah hal yang mudah. Sedangkan, matcha dapat membuatmu merasa berenergi dan produktif hanya dengan satu cangkir.
(yyy)