FITNESS & HEALTH

Ternyata, Nonton Film Horor Ada Manfaatnya, Lho

Muhammad Syahrul Ramadhan
Kamis 08 April 2021 / 17:08
Jakarta: Konten horor baik itu berupa film, blog maupun audio podcast memang memberi sensasi jantung selalu berdebar kencang dan napas jadi lebih terengah-engah. Bahkan tak jarang apabila terdapat jumpscare bisa membuat serasa mau pingsan.

Walau begitu, ternyata konten horor tak melulu mendatangkan efek negatif. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa konten horor ternyata memiliki manfaat positif bagi tubuh.

Melansir laman Halodoc.com, berikut beragam manfaat konten horor bagi tubuh.

1. Membantu Membakar Kalori

Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster, menonton film horor  selama 90 menit dapat membakar 113 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan saat kamu berjalan kaki selama 30 menit. Semakin seram konten horor tersebut, semakin banyak kalori dalam tubuh yang bisa dibakar.

Konten horor juga disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk memacu adrenalin. Hormon adrenalin berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga energi yang tersimpan dalam tubuhmu lebih cepat terbakar atau digunakan.

2. Baik untuk Kesehatan Otak

Konten horor diduga dapat memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia seperti dopamin, serotonin, dan glutamat. Selain itu, adrenalin yang dilepaskan saat kamu menikmati konten horor, seperti film juga memiliki efek anestesi mirip seperti obat.
Senyawa ini baik untuk kesehatan mental karena dapat mengurangi stres dan kecemasan.
 

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ahli imunologi di University College London, Natalie Riddell membeberkan hormon adrenalin yang dihasilkan sebagai respon fight-or-fight saat sedang menonton film horor, dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuhmu menjadi lebih kuat.

Tentu ini menjadi kabar baik, di masa pandemi covid-19 kekebalan tubuh sangat dibutuhkan untuk mencegah terinfeksi.

Saat ini konten horor tersedia dalam beragama bentuk, mulai dari film, video di YouTube bahkan kini juga tren podcast atau siniar yang bertema horor. Di tahun 2021 ada beberapa film horor yang paling ditunggu, salah satunya THE CONJURING: THE DEVIL MADE ME DO IT.

Sementara di podcast konten horor yang menjadi favorit pendengarnya ada Do You See What I See? dan Podcast Malam Kliwon. Di YouTube juga tidak kalah banyak konten-konten horor. Seperti RJL 5, Sarah Wijayanto dan Mistory Zone yang punya kekhasan dalam story telling.

 
(ACF)