FITNESS & HEALTH

5 Makanan Alami yang Kaya Vitamin E

Kumara Anggita
Senin 16 November 2020 / 14:16
Jakarta: Berbagai vitamin baik untuk tubuh kita, termasuk salah satunya vitamin E. Menurut dr. Michael Reo, selaku Medical Manager PT Darya-Varia Laboratoria vitamin E sangat bermanfaat dalam membantu melindungi sel-sel tubuh. 

Termasuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga dapat memelihara kesehatan kulit.

"Hal ini disebabkan karena pada kulit yang sehat, di setiap lapisannya terkandung vitamin E yang harus dipelihara kadarnya setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa pada kulit yang tidak sehat (kering, kusam, kasar) kadar vitamin E di setiap lapisannya berkurang," ujar dr. Michael.

Dan kamu juga bisa mendapatkan vitamin E ini secara alami melalui makanan seperti di beberapa bahan di bawah ini:
 

1. Biji bunga matahari


Biji bunga matahari bisa menjadi camilan yang enak. Orang juga bisa menaburkannya pada yoghurt, oatmeal, atau salad. Satu porsi biji bunga matahari 100 gram (g) mengandung 35,17 miligram (mg) vitamin E.

Biji bunga matahari dikemas dengan berbagai nutrisi dan dapat membantu seseorang mendapatkan cukup serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya. Satu porsi 100 g mengandung 8,6 gr serat, 20,78 gr protein, 645 mg kalium, 325 mg magnesium, dan 5 mg seng.
 

2. Almond


Untuk setiap 100 gr porsi almond, ada 25,63 mg vitamin E. Orang bisa mengemil almond panggang, menambahkannya ke sereal dan makanan yang dipanggang, atau minum susu almond. Almond juga mengandung 21,15 gr protein, 12,5 gr serat, 733 mg kalium, 270 mg magnesium.


kacang
(Aneka kacang-kacangan baik juga untuk tubuh karena mengandung vitamin E. Foto: Pexels.com)
 

3. Kacang


Kacang adalah camilan yang populer. Ada 4,93 mg vitamin E dalam 100 g porsi kacang panggang kering. Tapi baiknya kamu mengonsumsi kacang tanah panggang kering daripada yang memiliki garam dan perasa ekstra.

Porsi ukuran yang sama juga mengandung 24,35 gr protein, 8,4 gr serat, 634 mg kalium, 14,355 mg niacin.
 

4. Alpukat


Alpukat adalah buah serbaguna yang mengandung sangat sedikit gula dan banyak nutrisi. Dalam 100 gr buah alpukat terdapat 2,07 mg vitamin E.

Porsi ukuran yang sama juga mengandung 10 mg vitamin C, menjadikannya tambahan yang menyehatkan untuk banyak makanan dan camilan. Alpukat juga mengandung kalium lebih banyak dari pada pisang.
 

5. Bayam


Satu porsi 100 gr bayam mentah mengandung 2,03 mg vitamin E. Penyajian yang sama juga mengandung 9377 unit internasional (IU) vitamin A, 28,1 mg vitamin C, 2,2 gr serat, 558 mg kalium.
(TIN)