FITNESS & HEALTH

5 Makanan Kaya Triptofan yang Bisa Meningkatkan Mood

Raka Lestari
Jumat 09 April 2021 / 07:22
Jakarta: Tingkat serotonin telah lama dikaitkan dengan kebahagiaan. Tingkat serotonin yang tepat juga dapat membuat seseorang merasa lebih tenang, lebih fokus, dan tidak terlalu cemas.

Salah satu cara untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi asam amino triptofan. Triptofan berkontribusi pada produksi serotonin dan sering ditemukan dalam makanan kaya protein.

Menurut Medical News Today, berikut ini adalah sumber makanan yang kaya akan kandungan triptofan:
 

1. Daging unggas


Daging unggas cenderung tinggi protein dan juga merupakan pilihan yang baik untuk triptofan. Selain itu, daging unggas juga cenderung rendah lemak. Meskipun demikian, beberapa orang cenderung mengantuk jika mengonsumsinya secara berlebihan.

Padahal, bukan dagingnya yang membuat seseorang mengantuk. Untuk itu, usahakan jangan mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan.
 

2. Telur


Telur kaya akan triptofan dan juga mengandung Vitamin A, B12, serta selenium dalam jumlah yang signifikan. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, kuning telur juga merupakan sumber kolin yang baik, nutrisi penting yang mungkin sangat penting dalam kehamilan.
 

3. Biji-bijian


Biji-bijian adalah sumber triptofan yang sangat penting bagi vegetarian dan vegan, yang tidak mengonsumsi sumber triptofan yang berasal dari hewan. Biji labu, rami, dan chia dapat dengan mudah ditambahkan ke salad, yogurt, dan sereal, yang bisa membuat makanan kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin.
 

4. Kacang-kacangan


Kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan kadar serotonin, karena mengandung triptofan. Kacang-kacangan juga merupakan sumber penting lemak tak jenuh tunggal, protein, dan mineral serta vitamin tertentu yang penting agar tubuh bisa berfungsi normal.
 

5. Produk kacang kedelai


Makanan penting lainnya untuk vegetarian dan vegan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan triptofan adalah produk berbahan dasar kedelai. Produk yang berbahan dasar kacang kedelai di antaranya adalah tahu, susu kedelai, atau kecap yang bisa menjadi sumber triptofan.
(FIR)