FITNESS & HEALTH

Manfaat Jalan Kaki yang Bantu Turunkan Berat Badan

Kumara Anggita
Kamis 08 April 2021 / 09:01
Jakarta: Untuk menurunkan berat badan atau mengecilkan perut buncit, kamu perlu untuk menjaga asupan makananmu dan berolahraga. Tidak usah olahraga yang berat-berat dan mahal, kamu bisa lebih langsing dengan jalan kaki saja. Iya benar!

Mengutip dari Healthline, ada beberapa alasan mengapa jalan kaki bisa sangat bermanfaat antara lain:
 

1. Bakar kalori


Tubuh kamu membutuhkan energi (dalam bentuk kalori) untuk semua reaksi kimia kompleks yang memungkinkan kamu bergerak, bernapas, berpikir, dan berfungsi secara normal. 

Namun, kebutuhan kalori harian bervariasi dari orang ke orang dan dipengaruhi oleh hal-hal seperti berat badan, jenis kelamin, gen, dan tingkat aktivitas kamu.

Untuk membakar lebih banyak kalori daripada yang kamu konsumsi untuk menurunkan berat badan, kamu perlu lebih aktif secara fisik. Studi menunjukkan bahwa mencoba berolahraga lebih banyak dengan berjalan lebih sering dapat membantu kamu membakar lebih banyak kalori.

Faktanya, berjalan satu mil (1,6 km) membakar sekitar 100 kalori, tergantung pada jenis kelamin dan berat badan kamu. Jadi kenapa tidak mulai coba saja buat jalan-jalan di sekitar komplek rumah kamu beberapa menit lalu meningkatkan durasinya setiap hari?
 

2. Bantu pertahankan otot 


Ketika orang mengurangi kalori dan menurunkan berat badan, mereka sering kehilangan sebagian otot selain lemak tubuh. Olahraga, termasuk berjalan, dapat membantu melawan efek ini dengan mempertahankan otot tanpa lemak saat kamu menurunkan berat badan.

Sumber menunjukkan bahwa berjalan dapat membantu mengurangi penurunan tingkat metabolisme yang sering terjadi dengan penurunan berat badan, membuat hasil kamu lebih mudah dipertahankan.

Terlebih lagi, ini dapat mengurangi kehilangan otot terkait usia, membantu kamu mempertahankan lebih banyak kekuatan dan fungsi otot kamu.
 

3. Berjalan membakar lemak perut


Menyimpan banyak lemak di sekitar bagian tengah tubuh kamu telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. 

Faktanya, pria dengan lingkar pinggang lebih dari 40 inci (102 cm) dan perempuan dengan lingkar pinggang lebih dari 35 inci (88 cm) mengalami obesitas perut, yang dianggap sebagai risiko kesehatan.

Sumber menunjukkan bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengurangi lemak perut adalah dengan rutin mengikuti latihan aerobik, seperti jalan kaki. 

Dalam sebuah penelitian kecil, perempuan gemuk yang berjalan selama 50-70 menit tiga kali seminggu selama 12 minggu, rata-rata, mengurangi lingkar pinggang mereka sebesar 1,1 inci (2,8 cm) dan kehilangan 1,5 persen lemak tubuh mereka.

Studi lain menemukan bahwa orang dengan diet kalori terkontrol yang berjalan selama satu jam lima kali seminggu selama 12 minggu kehilangan 1,5 inci (3,7 cm) ekstra dari lingkar pinggang mereka dan 1,3 persen lebih banyak lemak tubuh, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet sendirian. 

Penelitian lain tentang efek berjalan cepat selama 30-60 menit per hari telah mengamati hasil yang serupa. Yuk, semangat berolahraga!

(TIN)