FITNESS & HEALTH

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Mulut yang Mengganggu

Raka Lestari
Kamis 03 Juni 2021 / 16:00
Jakarta: Penyebab paling umum dari bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk. Jika tidak sering menyikat dan melakukan flossing, bakteri di mulut akan berkembang biak, sehingga menyebabkan penumpukan plak di gigi.  Ketika plak tidak dibersihkan setidaknya dua kali sehari, maka akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan menyebabkan proses bau lainnya, serta kerusakan gigi.

Dan untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang dengan mudah ditemukan seperti berikut ini:

 

1. Peterseli


Peterseli adalah obat tradisional yang populer untuk bau mulut. Aromanya yang segar dan kandungan klorofilnya yang tinggi menunjukkan bahwa ia dapat memiliki efek penghilang bau. Untuk menggunakan peterseli dalam menghilangkan bau mulut, kunyah daun peterseli segar setelah makan atau beli suplemen yang mengandung ekstrak peterseli.


(Aroma peterseli yang segar dan kandungan klorofilnya yang tinggi menunjukkan bahwa ia dapat memiliki efek penghilang bau. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Jus nanas


Banyak orang percaya bahwa jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Caranya adalah dengan minum segelas jus nanas organik setelah makan, atau kunyah irisan nanas selama satu hingga dua menit. Penting juga untuk diingat, sebaiknya kamu minum air putih untuk menghilangkan gula dari buahnya.  


(Jus nanas adalah pengobatan tercepat dan paling efektif untuk bau mulut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Air putih


Penelitian menunjukkan bahwa mulut yang kering bisa menyebabkan bau mulut. Air liur memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut. Tanpa itu, bakteri akan berkembang biak. Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih secara rutin akan membantu mendorong produksi air liur dan mencegah bau mulut.


(Cegah mulut kering dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Yogurt


Yogurt mengandung bakteri sehat yang disebut lactobacillus. Bakteri sehat ini dapat membantu memerangi bakteri jahat di berbagai bagian tubuh, seperti usus. Penelitian menunjukkan bahwa yogurt juga dapat membantu mengurangi bau mulut. Probiotik dalam yogurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut. Caranya, makanlah setidaknya satu porsi yogurt tanpa lemak per hari.


(Probiotik dalam yogurt efektif dalam mengurangi keparahan bau mulut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Susu


Susu adalah obat yang terkenal untuk bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah makan bawang putih dapat secara signifikan mengurangi bau bawang. Untuk menggunakan metode ini, minumlah segelas susu rendah atau penuh lemak selama atau setelah makan yang mengandung makanan berbau tajam seperti bawang putih dan bawang bombay.


(Penelitian menunjukkan bahwa minum susu setelah makan bawang putih dapat secara signifikan mengurangi bau bawang. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)