FITNESS & HEALTH

3 Manfaat Arugula bagi Kesehatan, Salah Satunya Mencegah Osteoporosis

Raka Lestari
Jumat 17 September 2021 / 10:00
Jakarta: Arugula merupakan sayuran hijau yang biasanya sering dijadikan hiasan pada pizza dan campuran salad. Sayuran ini masuk dalam jenis sayuran cruciferous. Beberapa studi menemukan bahwa Arugula sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melansir dari Eat This, Not That, berikut  adalah manfaat kesehatan dari arugula yang perlu kamu ketahui, di antaranya:
 

Mengurangi risiko kanker 

Percaya atau tidak, makan lebih banyak sayuran seperti arugula dapat membantu memperpanjang usia. Satu meta-analisis pada tahun 2017 menemukan hubungan antara makan lebih banyak arugula dengan penurunan risiko terkena kanker.

Alasannya karena sayuran seperti arugula mengandung fitonutrien atau senyawa nabati yang telah terbukti menurunkan tingkat peradangan dalam tubuh. Para peneliti juga menemukan bahwa sayuran cruciferous dapat mengurangi risiko kematian karena berbagai penyakit.
 

Melindungi kesehatan jantung

Sebuah studi pada tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menyarankan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya akan sayuran seperti arugula dapat membantu mengurangi risiko aterosklerosis. Kondisi ketika dinding arteri tersumbat oleh plak (lemak dan kolesterol).


(Arugula merupakan sayuran hijau yang biasanya sering dijadikan hiasan pada pizza dan campuran salad. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 

Mencegah osteoporosis

Arugula kaya akan kalsium dan vitamin K, yang keduanya dikenal untuk mendukung kesehatan tulang. Satu tinjauan tahun di tahun 2015 menunjukkan bahwa asupan kalsium yang tidak memadai dapat menyebabkan penurunan kepadatan mineral tulang.

Untuk menggantinya, beberapa orang akan mengonsumsi suplemen mineral. Padahal, mengonsumsinya secara berlebihan dapat mempercepat deposit kalsium di dinding pembuluh darah dan pada akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu, pilihlah sumber alami seperti arugula.
 

Jangan dikonsumsi berlebihan jika sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Karena arugula mengandung vitamin K dalam jumlah yang cukup tinggi, jika kamu sedang mengonsumsi obat pengencer darah maka sebaiknya perlu mempertimbangkan untuk membatasi asupan vitamin K.

Alasannya karena vitamin K dapat membantu pembekuan darah, yang dapat mengurangi efektifitas upaya pengobatan pengencer darah. Bicaralah dengan dokter untuk informasi lebih lanjut tentang berapa banyak vitamin K yang harus kamu konsumsi setiap hari.

(yyy)