FITNESS & HEALTH

Pentingnya Mengenali Emosi Anak di Masa Pandemi

Kumara Anggita
Rabu 21 Juli 2021 / 19:10
Jakarta: Salah satu hal penting yang perlu dipelajari oleh orang tua adalah emosi anak. Anak bisa saja mengalami stres tanpa membicarakannya langsung.

Untuk itu perlu lebih diperhatikan emosi pada anak saat pandemi sekarang ini. Menurut Psikolog Anak, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi, stres bisa lebih meningkat di masa-masa yang banyak perubahan ini.

“Kesehatan mental anak penting sekali. Apa lagi daya tahan anak untuk menghadapi stres atau penyesuaian di masa pandemi ini berbeda, karena proses perkembangan otak mereka masih sangat sederhana,”  jelas Psikolog Anak, Anastasia Satriyo, M.Psi., Psi.

“Walaupun kita stres sekali, anak lebih sulit untuk menghadapi perubahan, dan rutinitas. Apalagi kalau dia kehilangan orang yang dekat dengan dia. Dia tidak bisa bermain bersama,” tambahnya.

Selain itu, Anastasia juga mengingatkan bahwa, orang tua perlu untuk cek mood-nya masing-masing. Bisa saja, stres yang terjadi pada anak muncul karena orang tua sedang mengalami stres.

“Orang tua juga terdampak masa pandemi ini. Orang tua jadi lebih tidak sabar, tidak sengaja menolak anak main,” jelasnya.

Anastasia menyarankan orang tua dan anak untuk membuat waktu berkualitas. Maka dari itu, penting untuk orang tua memiliki quality time bersama anak agar suasana di rumah menjadi menyenangkan.
(FIR)