FITNESS & HEALTH

4 Manfaat Bersih-bersih Rumah untuk Kesehatan Mental

Mia Vale
Senin 18 April 2022 / 12:05
Jakarta: Ketika beberapa orang merasa kewalahan atau stres, mereka mungkin mencoba yoga, mindfulness, atau bahkan pijatan. Tapi bagi sebagian yang lain, membersihkan dapur, membereskan ruangan rumah yang berantakan, atau merapikan baju di lemari pakaian sama bermanfaatnya bagi kesehatan mental mereka. 

Penelitian telah menemukan bahwa pembersihan dan decluttering dapat memiliki sejumlah efek positif pada kesehatan mental. Bahkan dengan melihat pemandangan rumahnya menjadi bersih dan teratur sudah membantu mereka melepaskan lelah dan menghilangkan stres. 

Bahkan setelah satu hari yang melelahkan. Berikut adalah manfaat membersihkan rumah pada kesehatan mental yang telah dinukil dari Verywell Mind. 
 

1. Bermanfaat bagi fisik


Rumah yang bersih juga berdampak pada kesehatan fisik. Menurut sebuah studi oleh NiCole Keith, PhD, seorang ilmuwan peneliti dan profesor di Indiana University, orang dengan rumah yang bersih cenderung lebih sehat daripada mereka yang rumahnya berantakan. 


manfaat membersihkan rumah
(Membersihkan rumah selain baik untuk kesehatan mental juga bisa meningkatkan produktivitas. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

2. Dapatkan kontrol lingkungan  


Ketika orang merasa hidup mereka di luar kendali atau mereka berjuang dengan beberapa ketidakpastian, pembersihan bisa menjadi cara untuk menegaskan kendali dalam hidup mereka. Membersihkan memberi orang rasa penguasaan dan kendali atas lingkungan mereka. 

Sebuah penelitian oleh University of Connecticut menemukan bahwa pada saat stres tinggi, orang-orang melakukan perilaku berulang seperti membersihkan memberi mereka rasa kontrol selama masa kacau. 
 

3. Tingkatkan mood 


Asosiasi Kecemasan dan Depresi Amerika menunjukkan bahwa aktivitas fisik pembersihan ditambah dengan hasil akhir dari rumah yang lebih bersih membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi. 

Terlebih lagi, penelitian telah menemukan bahwa memiliki seprai bersih dan merapikan tempat tidur akan dikaitkan dengan istirahat malam yang lebih baik. Hasilnya, kesehatan mental akan terjaga, termasuk suasana hati yang lebih baik. Selain itu, . Membersihkan juga dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan konsentrasi. 
 

4. Tingkatkan fokus 


Saat rumah dalam keadaan berantakan atau sangat kotor, kekacauan yang ditimbulkan dapat memengaruhi kemampuan kita untuk fokus. Dengan meluangkan beberapa menit untuk mengatur barang-barang dan membersihkan segala kekacauan dapat memudahkan orang untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan pekerjaannya. 

Jadi, jika pembersihan dan decluttering membantu meredakan stres, mengurangi kecemasan, dan mengangkat suasana hati, maka ambillah alat pembersih dan mulailah. 

Sebaliknya, jika kamu sedang berjuang melawan depresi atau masalah kesehatan mental lainnya dan mendambakan rumah yang bersih dan teratur, tetapi tidak memiliki energi untuk melakukannya, cobalah memulai dari yang kecil. 

Sekalipun itu berarti hanya mengambil semua pakaian dari lantai pada satu hari dan memasukkan mesin pencuci piring pada hari berikutnya. Ingat, jangan jadikan pembersihan sebagai beban.

Karena yang lebih penting, dapat mengangkat suasana hati untuk mengambil langkah kecil menuju pengorganisasian dan pembersihan lingkungan.

(TIN)