FITNESS & HEALTH

Yuk, Dapatkan Lebih Banyak Vitamin D

Mia Vale
Rabu 22 September 2021 / 22:56
Jakarta: Covid-19 belum juga usai. Untuk mempertahankan kesehatan, tubuh juga memerlukan vitamin. Salah satunya vitamin D. 

Sering pula dijuluki "vitamin sinar matahari". Maka beruntunglah kita yang tinggal di daerah tropis, karena bisa menikmati paparan sinar matahari UVB untuk tubuh. Selain itu, vitamin D juga bisa didapat dari makanan tertentu dan suplemen.

Seperti yang dijabarkan oleh Mindbodygreen, semua nutrisi memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan. Begitu juga vitamin D yang sangat diperlukan untuk hampir setiap sistem dan fungsi tubuh. 

Tidak terbatas pada muskuloskeletal, kekebalan, neurologis, tiroid, gastrointestinal, ginjal, endokrin, dan sistem kardiovaskular.
 

Paparan sinar matahari langsung


Jumlah vitamin D yang kita perlukan untuk mengatasi kekurangan atau ketidakcukupan sehingga mencapai kata cukup, bergantung pada masing-masing pribadi. 

Hal itu meliputi komposisi tubuh, hasil tes laboratorium dasar, dan masukan vitamin D lainnya. Jadi, bila kita ingin mengetahui berapa sebenarnya vitamin D yang dibutuhkan, bisa ditanyakan kepada penyedia layanan kesehatan. 


vitamin d
(Lindungi kulit kamu dengan tabir surya juga ya saat berjemur. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)


Mendapatkan paparan sinar matahari langsung merupakan salah satu cara cepat untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh. Namun begitu, bukan berarti membiarkan kulit kita terbakar matahari, ya. 

Ada anjuran berdasar warna kulit, berapa lama sebaiknya kita mendapat paparan sinar matahari untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh.  

1. Mereka yang memiliki kulit sangat terang hingga terang, kemungkinan membutuhkan 10-15 menit paparan sinar matahari 

2. Mereka yang memiliki kulit coklat alami bisa mendapatkan sinar matahari selama 15-20 menit

3. Mereka yang memiliki kulit lebih gelap dapat dengan aman mendapatkan 1-2 jam paparan sinar matahari 

Dari keterangan tersebut, pastikan untuk melindungi diri kita dengan tabir surya juga ya.
 

Perbanyak melalui makanan


Bagi individu yang karena berbagai alasan tidak bisa terpapar sinar matahari langsung, tentu harus mencukupi vitamin D dalam tubuh melalui makanan. 

Misal, shitake dan jamur kancing (biarkan di bawah sinar matahari untuk meningkatkan kadar vitamin D), makarel, salmon sockeye (salmon merah), minyak hati ikan cod, sarden, dan telur. Selain itu bisa juga dengan mengonsuminya dengan suplemen vitamin D. 

Pilihlah suplemen berkualitas tinggi yang mengandung vitamin D3 dan mengoptimalkan penyerapan yang larut dalam lemak dari mikronutrien penting ini.
(TIN)