FITNESS & HEALTH

Perhatikan Ini Jika Berolahraga di Rumah

Raka Lestari
Minggu 28 Februari 2021 / 16:10
Jakarta: Pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, banyak orang yang harus melakukan olahraga di rumah. Dengan begitu kita bisa terlindungi dari penyebaran ataupun penularan dari covid-19. Meskipun demikian, kamu tetap harus memerhatikan beberapa hal agar berolahraga di rumah tetap aman.

“Memang kalau saat ini banyak yang melakukan olahraga di rumah. Jadi personal trainernya dari YouTube atau televisi. Menurut saya ini bagus karena mencegah penularan covid-19,” ujar dr. Andi Nusawarta, M.Kes, Sp.OT (K), Dokter Spesialis Bedah Ortopedi Konsultan Sports Injury dan Arthroskopi di RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, dalam acara Webinar "Olahraga Lebih Optimal Bebas Cedera" pada Jumat, 26 Februari 2021 lalu.

Ia menambahkan, “Hanya dengan melihat dari YouTube atau televisi itu kan kita tidak perlu pergi ke gym. Dengan begitu juga bisa berkumpul di rumah. Namun ada yang perlu diwaspadai jika kita berolahraga di rumah. Dan perlu diawasi juga gerakan-gerakan olahraga yang kita lakukan itu,” ujar dr. Andi.

“Misalnya, ketika mau senam dan mengikuti gerakan yang ada di internet atau televisi itu mereka kan tentunya sudah mahir ya sementara kita masih baru. Terkadang juga kita masih belum mahir dan terbiasa, yang perlu diwaspadai adalah lakukan secara perlahan,” saran dr. Andi.

Menurut dr. Andi, jangan mengikuti gerakan yang dicontohkan di internet atau televisi itu jika tidak bisa. 

“Lakukan secara perlahan, takutnya nanti kita mau lincah tapi malah menyebabkan cedera. Pelan-pelan saja, tidak perlu diikuti kecepatannya. Kalau mereka gerakannya cepat lalu kita gerakannya lambat ya tidak apa-apa yang penting gerakannya benar,” ujarnya.

“Kalau di televisi atau internet itu sudah mahir, jangan sampai dipaksakan. Dan yang penting, kasih jeda waktu. Jangan berolahraga setiap hari. Misalnya kita saking senang melakukan olahraga, lalu kita melakukannya pagi siang sore, yang ada nanti malah kita cedera,” tutup dr. Andi.
(TIN)