FITNESS & HEALTH

5 Tips Menghindari Diabetes Tipe 2

Kumara Anggita
Selasa 12 Januari 2021 / 18:08
Jakarta: Perlu kamu ketahui kalau diabetes Tipe 2 merupakan penyakit yang bisa dicegah. Kamu hanya perlu membuat beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup mulai dari sekarang. Sebab bisa menghindari komplikasi kesehatan serius dari diabetes di masa mendatang, seperti kerusakan saraf, ginjal, dan jantung.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut cara yang harus dilakukan untuk mencegah datanynya diabetes tipe 2:
 

1. Melakukan lebih banyak aktivitas fisik


Ada banyak manfaat melakukan aktivitas fisik secara teratur. Olahraga dapat membantumu menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan meningkatkan sensitivitas kamu terhadap insulin.

Cara ini bahkan bisa membantu menjaga gula darahmu dalam kisaran normal. Penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes.
 

2. Konsumsi banyak serat


Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Serat dapat membantu kamu untuk mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darahmu, menurunkan risiko penyakit jantung, dan meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu kamu merasa kenyang.
 

3. Pilih biji-bijian


Meski belum jelas alasannya, biji-bijian paling tidak dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Banyak makanan yang terbuat dari biji-bijian siap santap, termasuk berbagai roti, produk pasta, dan sereal. Carilah kata 'utuh' pada kemasan.
 

4. Menurunkan berat badan ekstra


Jika kamu kelebihan berat badan, pencegahan diabetes mungkin bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kilogram yang kamu hilangkan dapat meningkatkan kesehatanmu.

Peserta dalam satu penelitian besar yang kehilangan berat badan dalam jumlah sedang, sekitar 7 persen dari berat badan awal dan berolahraga secara teratur dilaporkan mengurangi risiko terkena diabetes hingga hampir 60 persen.
 

5. Hindari diet-diet yang berbahaya


Diet rendah karbohidrat, diet indeks glikemik, atau diet mode lainnya dapat membantu  kamu menurunkan berat badan pada awalnya. Tetapi efektivitasnya dalam mencegah diabetes dan efek jangka panjangnya tidak diketahui.

Dengan membatasi secara ketat kelompok makanan tertentu, kamu mungkin melepaskan nutrisi penting. Sebaliknya, jadikan variasi dan kontrol porsi sebagai bagian dari rencana makan sehat kamu.
(FIR)