FITNESS & HEALTH

Resolusi Bisa Gagal Gara-gara 5 Hal Ini

Yatin Suleha
Minggu 10 Januari 2021 / 12:00
Jakarta: Tahun baru tentunya dengan semangat baru. Ibarat baju baru memakainya pun kita masih semangat. Tapi kenapa ya setiap tahun membuat resolusi juga banyak yang gagal.

Apa salah dan dosa kita kalau kita ingin menjadikan resolusi sukses tapi malah gagal terus. Menurut Psikolog anak, remaja, dan keluarga Efnie Indrianie, M.Psi dari Fakultas Psikologi, Universitas Kristen Maranatha, Bandung ada beberapa hal yang bisa bikin resolusi kita 'jungkir balik' alias gagal. Berikut ini kata Psikolog Efnie hal yang bisa bikin resolusi kita gagal:
 

1. Keterlaluan semangat


Motivasi tinggi setinggi langit dan semangat terlalu menggebu-gebu di awal untuk meraih tujuan hal ini menurut psikolog sekaligus penulis buku “SURVIVE menghadapi Quarter Life Crisis” ini juga kurang tepat.

Alasannya menurut Efnie semangat yang berlebihan kurang baik karena hormon adrenalin diproduksi dalam jumlah yang berlebihan juga. "Hal ini membuat kita kehilangan energi mental untuk menjalani proses yang agak panjang," tulisnya dalam laman media sosialnya @efnie_qo.
 

2. Kebanyakan pikiran tapi no action


Nah, siapa kira-kira yang mirip kayak gini? Idealnya menurut psikolog yang ramah ini buatlah rencana yang sederhana saja agar mudah untuk direvisi. Hal ini katanya penting karena tidak ada rencana yang benar-benar sempurna.

Di artikel sebelumnya Efnie pernah mengatakan bahwa buatlah hanya tiga dulu resolusi yang menjadi prioritas. Jangan terlalu kebanyakan ya!
 

3. Ingin langsung di tujuan


Apakah kamu pengen cepat-cepat sampai di tujuan. Yah, sebut saja tiba-tiba uang di rekening bank kamu melambung tapi hm, entah dari mana. Atau ingin cepat-cepat langsing dan turun berat badan padahal baru satu bulan diet dan olahraga.

Menurut Efnie kegagalan lainnya adalah kita kurang menikmati proses yang dilalui dan kerap berpikir tujuan yang tercapai. Hal ini tentunya akan diterjemahkan oleh frontal lobe otak sebagai hal yang berat. Dan akhinya kondisi ini dapat menurunkan motivasi kamu.
 

4. Membandingkan diri dengan kesuksesan orang lain


Kita kadang suka cemburu sosial soal apa yang orang lain peroleh. Padahal kata Efnie semua orang punya timeline atau garis waktu masing-masing jadi waktu pencapaiannya juga pasti akan berbeda-beda. 
 

5. Standar terlalu tinggi dan mengikuti ekspektasi lingkungan


Awas kalau ketinggian kalau jatuh pasti akan sakit banget.. Itu sebagian yang dikatakan oleh banyak orang. Dan hal ini benar adanya. Menurut Efnie menerapkan standar yang terlalu tinggi pada diri sendiri bisa mengakibatkan energi mental habis. 

Hal ini karena untuk memenuhi standar tersebut dan berujung pada stres berat.

Selain itu Efnie juga berpesan bahwa tujuan jangan untuk memenuhi ekspektasi lingkungan kita. Buatlah karena memang kita butuh dan perlu meraih tujuan tersebut. Bukan karena untuk memenuhi ekspektasi lingkungan kita. Jadi, apa resolusi kamu tahun ini? 
(TIN)