FAMILY

8 Cara Menghindari Perselingkuhan dalam Pernikahan

Sandra Odilifia
Rabu 24 Februari 2021 / 14:11
Jakarta: Belakangan ini jagat maya dihebohkan dengan berbagai kabar perselingkuhan. Rupanya, meski telah menjalani sumpah sehidup semati, bukan berarti kehidupan pernikahan selalu berjalan dengan indah.

Ada kalanya, dua sejoli mendapat godaan yang akhirnya menghancurkan ikatan yang telah dirajut dalam janji suci. Melansir E Times, sebelum terlambat, ketahui delapan cara menghindari perselingkuhan dalam pernikahan berikut ini:
 

1. Niat yang tulus


Ingat apa yang kamu janjikan satu sama lain saat menikah. Bersumpah dengan tulus dan jangan pernah melupakan komitmen yang kalian berdua buat satu sama lain.
 

2. Godaan


Jangan menyerah pada godaan. Sebaiknya hindari kontak intim dengan orang lain dan batasi potensi interaksi yang dapat berujung pada perselingkuhan.
 

3. Revitalisasi nilai


Lihat kebaikan dalam diri pasangan kamu dan percayai kualitas mereka, alih-alih membandingkannya dengan orang lain. Agar hubungan kamu tetap langgeng, hargai pasangan kamu dengan sebaik-baiknya.
 

4. Evaluasi situasi yang menggoda


Jika situasi seperti hubungan jarak jauh atau jadwal kerja yang sibuk menciptakan peluang untuk perselingkuhan, kamu bersama pasangan harus membicarakan ketidakamanan antara satu sama lain.
 

5. Menjaga privasi


Jangan membocorkan detail tentang kehidupan pernikahan kamu kepada orang lain, termasuk memposting semuanya di media sosial.
 

6. Abaikan mantan


Setelah menikah, batasi interaksi kamu dengan mantan pasangan, meskipun kamu berteman dengan mereka. Jarak yang aman tidak ada salahnya kok!
 

7. Luangkan waktu dan coba hal baru


Ajaklah satu sama lain untuk berkencan, memberi bunga atau cokelat dan bertukar kado. Sederhananya, habiskan waktu dengan pasangan kamu dan buat pasanganmu merasa dihargai dan dicintai.

Jangan hanya tinggal dengan nyaman tetapi bepergianlah ke tempat-tempat yang baru, cobalah restoran baru, lakukan hal-hal baru atau berbagi hobi satu sama lain.
 

8. Komunikasi yang transparan


Bersikaplah terbuka, jujur dan dengarkan apa yang dikatakan pasangan kamu. Biasanya kesalahan nomor satu yang dilakukan pasangan adalah menghindari pembicaraan yang benar satu sama lain.

Ketika ada godaan dalam pernikahan, pikirkanlah sejenak. Jika kamu mengambil atau menghampiri godaan itu, maka pernikahan kamu akan berakhir. Selain itu, pasangan kamu tidak akan pernah bisa memercayai kamu lagi.

Pernikahan tidaklah mudah. Atasi masalah dengan pasangan kamu dan jangan mudah menyerah. Ingat lagi, kalian berdua pernah bersumpah untuk hidup bersama!

(TIN)