FAMILY

7 Cara Jaga Kebersihan Mulut Bayi

Sandra Odilifia
Senin 31 Mei 2021 / 16:59
Jakarta: Baru-baru ini, marak di media sosial seorang bayi memakan hewan hidup-hidup tanpa disadari orang tuanya. Hal ini pun membuat gaduh jagat maya, dan rupanya banyak pula orang tua yang pernah mengalami hal serupa.

Nah, merujuk hal tersebut, kebersihan mulut adalah hal wajib bagi semua orang, termasuk bayi. Menjaga kesehatan mulut bayi sejak usia dini dapat mengurangi risiko masalah gigi seperti gigi berlubang, penyakit gusi, bau mulut, dan penyakit lainnya.

Melansir Times of India, berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan mulut bayimu:
 

1. Beri sedikit air


Beri sedikit air di akhir setiap sesi makan. Ini akan membersihkan semua kuman yang tertinggal di mulut si kecil.
 

2. Pemeriksaan rutin


Pemeriksaan gigi secara berkala sangat penting untuk mencegah gigi berlubang. Jadwalkan janji dengan dokter gigi segera setelah gigi pertama bayimu muncul.
 

3. Bersihkan mulut setiap hari


Usap gusi dan lidah si kecil setiap kali usai menyusui, bahkan saat ia belum memiliki gigi.


bayi
(Obat-obatan anak biasanya manis. Bersihkan mulut si kecil selesai diberi obat yang manis. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

4. Bersihkan muut setelah diberi obat-obatan manis


Obat anak-anak umumnya manis dan beraroma. Jadi, bersihkan mulut anakmu setelah memberi obat untuk mengurangi risiko gigi berlubang.
 

5. Jangan berikan botol saat tidur


Jangan taruh bayi di tempat tidur dengan botol berisi susu atau jus. Gula dalam cairan tersebut akan menempel di gigi mereka dan menyebabkan kerusakan gigi.
 

6. Jangan mencicipi makanan bayi


Kerusakan gigi adalah penyakit yang dapat menular. Jadi, hindari menguji suhu botol dengan mulutmu atau berbagi peralatan.
 

7. Pantau aktivitas anak


Terakhir, sebagai orang tua, kamu harus selalu memerhatikan gerak-gerik si kecil. Terlebih saat si kecil mulai aktif, ia akan penasaran dengan berbagai hal, jadi sesibuk apapun kamu jangan sampai lengah mengawasinya ya!

Tentu tak ada yang mau kasus viral tersebut kembali terjadi bukan? Pastikan juga rumahmu dibersihkan secara berkala agar tidak ada hewan kotor berkeliaran.

(TIN)