FAMILY

Perlukah Khawatir Jika Buah Hati Tidur Tengkurap?

Medcom
Jumat 01 Juli 2022 / 17:15
Jakarta: Si buah hati sudah cukup kuat untuk berguling sendiri? Kamu tidak perlu khawatir harus memindahkan posisinya agar tidur terlentang sepanjang malam. Terutama apabila si buah hati mulai bermain dengan posisi tengkurap di siang hari, dia dapat mengangkat kepalanya dengan baik, dan dapat berguling untuk terlentang kembali.

Untuk mengurangi SIDS (Sindrom Kematian Bayi Mendadak), para ahli menyarankan untuk selalu meletakkan si buah hati dalam kondisi terlentang saat kamu menidurkannya selama tahun pertamanya. Jadi meskipun dia berguling dalam posisi tengkurap, kamu harus menidurkannya kembali dalam posisi terlentang.

Kabar baiknya adalah risiko SISD akan sangat menurun sebelum ulang tahun pertama si buah hati. Puncaknya adalah antara 1 dan 4 bulan dan kemudian mulai menurun setelahnya. Faktanya, 90 persen kasus SIDS dialami bayi di bawah 6 bulan.

Namun tentu saja, kamu ingin melakukan tindakan pencegahan lain untuk mengurangi risiko SIDS. Sepanjang tahun pertama si buah hati pastikan kasurnya kokoh dan hanya ada seprei yang pas di atasnya, tanpa barang-barang lainnya seperi bantal, selimut, boneka binatang, atau bahan bumper tempat tidur bayi.

Jangan terlalu memanaskan ruangan ataupun mengenakan pakaian yang berlebihan pada buah hati anda, serta jangan biarkan siapapun merokok didekatnya.

Terakhir, jangan gunakan penjaga posisi tidur untuk menjaga si buah hati tetap terlentang. Pada 2010, Food and Drugs Administration (FDA) dan Komisi Keamanan Produk Konsumen Amerika (CPSC) mengeluarkan peringatan kepada orang tua setelah menemukan 12 bayi mati lemas karena penggunaan penjaga posisi tidur.

Fadhilla Syarafina
(FIR)