FAMILY

Pentingnya Pola Asuh dalam Tumbuh Kembang Anak

Kumara Anggita
Kamis 18 Februari 2021 / 16:13
Jakarta: Peran orang tua begitu besar dalam pertumbuhan fisik maupun psikis anak. Untuk itu, pola asuh yang tepat perlu diterapkan pada masa-masa keemasan tersebut.

Betty Kumala Febriawati, S.Psi.,M.Psi selaku Psikolog menyebutkan bahwa, perbedaan utama anak dengan manusia dewasa adalah kemampuan perkembangannya. Pastikan saat sekarang ini kamu memberikan yang terbaik.

“Anak memiliki ciri khas yang tidak dimiliki orang dewasa yaitu masih berlangsungnya proses pertumbuhan dan perkembangan dengan kecepatan yang berbeda-beda pada setiap tahapan usia anak,” ujar Betty dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting.

“Pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi secara simultan dan berkesinambungan. Apabila ukuran tubuhnya dapat tumbuh dengan baik, maka harus diikuti juga dengan bertambahnya kemampuan dan fungsi tubuhnya,” lanjutnya.

Pertumbuhan ini bisa berlangsung optimal dengan pemenuhan kebutuhan dasar. Pastikan anak diberikan nutrisi yang sesuai, stimulasi, dan pola asuh yang tepat.

“Faktor genetik merupakan “blue-print” atau potensi anak yang didapat dari kedua orang tua. Namun potensi tersebut tidak akan terwujud menjadi sebuah kemampuan apabila anak tidak mendapat tiga kebutuhan dasarnya secara optimal, yaitu nutrisi, stimulasi, dan pola asuh dalam suasana kasih sayang,” ungkap Betty.
 

Pola asuh dan stimulasi


Betty kemudian menjelaskan bahwa salah satu bentuk pola asuh dapat dilihat dari bagaimana orang tua bersikap. Untuk itu, kamu sebagai orang tua sebaiknya mencontohkan hal-hal yang positif.

“Orang tua adalah kunci dalam tumbuh kembang anak. Dalam pertumbuhan dan perkembangan anak diperlukan juga kerjasama yang baik antar orang tua,” papar Betty.

“Ketika lahir anak seperti kertas putih kosong dimana akan diberi pola asuh yg positif atau  yang negatif karena yang dlihat anak adalah orang tua. Dan orang tua sbagai role model anak,” jelasnya.
 

Nutrisi


Idealnya orang tua mampu memberikan nutrisi yang cukup pada anak. Cukup dalam artian tidak mahal tapi yang mempunyai gizi untuk pertumbhanmya.

"Ini bukan makanan yang siap saji tapi makanan yang sehat yang diperlukan tubuh anak,” terang Betty.
 

Kasih sayang


Kasih sayang ini bisa dalam bentuk beragam seperti ciuman, pelukan, timang, doa, maaf dan masih banyak lagi. Kamu bisa terapkan ini dalam banyak aktivitas sehari-hari.

“Orang tua juga hrus menyiapkan dari sisi kesehatannya. Misalnya jika anak sakit orang tua harus ada buat anak. Sebab terkadang jika anak sakit maka obatnya adalah dekapan ibu maupun bapak,” pungkasnya.
(FIR)