FAMILY

6 Hal yang Harus Kamu Bicarakan Sebelum Menikah

Sandra Odilifia
Rabu 17 Februari 2021 / 11:48
Jakarta: Semua orang di sekitarmu terlihat akan menikah? Teman-teman, selebritas, bahkan mungkin kamu! Pernikahan adalah cara sakral untuk menunjukkan kepada dunia bahwa kamu telah menemukan belahan jiwa dan telah memutuskan untuk tinggal bersama pasangan secara permanen. 

Tetapi sebelum kamu melangkah ke pelaminan, pernahkah kamu membicarakan tentang faktor-faktor seperti karier atau kesehatan? Tentu hal ini sangat penting dan dapat memengaruhi hidup kamu, pernikahan, dan masa depan kamu bersama pasangan.

Dilansir New Woman, berikut enam hal penting yang harus kamu bicarakan sebelum menikah:
 

1. Anak-anak


Jika kamu tidak menginginkan anak dengan segera, bicarakanlah sebelum menikah. Karena hal itu membutuhkan perencanaan. Sebaiknya kamu membuat rencana untuk anak setelah kamu mendiskusikan masalah seperti keuangan, karier, dan faktor lain yang dapat memengaruhi seluruh kehidupan keluarga kamu.
 

2. Seks


Berbicara dan berkomunikasi tentang seks sangat penting sebelum menikah. Ini membantu untuk mengetahui apakah pasangan kamu bersih dan tidak memiliki PMS atau penyakit lain. Ini penting untuk kesehatan kamu, pernikahan, dan rencana keluarga di masa depan. 
 

3. Karier


Kamu perlu berbicara tentang karier dan bagaimana segala sesuatunya akan berjalan setelah menikah. Karena di abad ke-21 ini, wanita juga mampu memegang posisi teratas dalam pekerjaan meski sudah menikah. 

Jadi bicarakan hal-hal dengan pasangan kamu dan pahami apakah itu akan menyebabkan hambatan dalam karier di kemudian hari. Menjadi mandiri secara finansial sambil mengejar karier adalah pertanda baik dan harus menjadi motivator bagi pasangan untuk menetap dengan kamu.
 

4. Keuangan


Mendiskusikan uang itu penting. Karena kamu siap untuk menikah, itu juga berarti kamu akan berbagi keuangan dan tagihan bersama pasangan. Rekening gaji, tabungan, investasi, pengeluaran rumah tangga, dan lain lain perlu dibersihkan. Sebaiknya diskusikan siapa yang membayar tagihan sebelumnya daripada membuat keributan di kemudian hari.
 

5. Kesehatan


Beri tahu pasangan kamu tentang masalah kesehatan, penyakit, atau gejala lainnya. Itu adalah penyebab kekhawatiran semua orang di keluarga dan memengaruhi masa depan kamu bersama mereka. 

Menyembunyikan masalah kesehatan yang serius dari pasangan sebelum menikah akan menimbulkan keraguan atas ketulusan kamu dalam hubungan dan memicu masalah dalam pernikahan di kemudian hari.
 

6. Teman


Ini mungkin tampak konyol tetapi sangat diperlukan di dunia sekarang ini. Kamu perlu berbicara tentang teman dan lingkaran sosial kamu dalam hal pernikahan. 

Dengan media sosial yang menghubungkan orang-orang di seluruh dunia, kamu tidak tahu siapa yang akan dikaitkan dengan pasangan, mungkin mantan ataupun musuh. Jadi, sebaiknya ajaklah pasangan bertemu dengan teman-teman sebelum pernikahan kamu untuk menghindari cekcok di kemudian hari.
(TIN)