FAMILY

5 Cara Mengatasi Stres dan Kecemasan saat Mengasuh Anak

Raka Lestari
Selasa 16 November 2021 / 15:38
Jakarta: Orang tua sering kali merasa cemas ketika mengasuh buah hatinya. Terutama mereka yang baru menjadi orang tua atau new parents. Setiap hal kecil bisa tampak seperti masalah yang sangat besar. Untungnya, kecemasan mengasuh anak ini biasanya akan hilang atau setidaknya membaik seiring waktu.

Untuk membantu mengatasi stres dan kecemasan mengasuh anak, penting untuk diingat bahwa hampir setiap orang tua memikirkan hal-hal semacam ini. Dan mengkhawatirkan anak-anak kita dan masa depan mereka bukanlah hal baru.


(Bagi orang tua baru, setiap hal kecil bisa tampak seperti masalah yang sangat besar. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Dilansir dari Verywell Mind, berikut adalah cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi rasa cemas dan kekhawatiran saat mengasuh anak:


1. Bicaralah lebih banyak dengan pasangan, terutama tentang hal-hal yang kamu khawatirkan. Tetapi jangan lupa untuk membicarakan tentang masalah sehari-hari sehingga mungkin kamu dapat memahami diri sendiri sebelum kamu mulai mengkhawatirkannya.

2. Bicaralah dengan sesama orang tua lainnya, termasuk teman dan anggota keluarga. Mulai dari masalah pengasuhan yang dihadapi dan hal-hal yang membuatmu cemas. Sering kali ini bisa membantu, dengan mengetahui bahwa orang lain mengalami hal yang sama dan memiliki kekhawatiran yang sama.


(Rasa cemas dan khawatir akan masa depan anak adalah rasa yang wajar dimiliki oleh setiap orang tua. Namun, pastikan perasaan tersebut tidak berkepanjangan sehingga Moms dan Dads dapat mengasuh sang buah hati dengan penuh cinta. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


3. Dapatkan bantuan profesional, dokter anak misalnya jika kamu mengalami masalah pengasuhan yang tidak bisa dihadapi. Atau mengenai kondisi yang tidak kunjung membaik, entah itu mengenai potty training, masalah tidur, atau balita yang suka menggigit.

4. Merawat diri sendiri dengan baik. Seperti mengonsumsi makanan sehat, tidur nyenyak, dan berolahraga, terutama ketika kamu merasa sangat khawatir dan cemas.

5. Terakhir, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional untuk diri sendiri dari dokter, psikolog, atau psikiater jika stres dan kecemasan menyebabkan gejala yang parah atau berkepanjangan. Atau jika stres yang dialami membuatmu sulit untuk tidur atau melakukan aktivitas sehari-hari.

(yyy)