FAMILY

4 Bahan Alami Menghilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Raka Lestari
Senin 24 Mei 2021 / 09:00
Jakarta: Saat menggunakan deodoran, seringkali menyebabkan noda kekuningan atau putih pada pakaian. Terutama pada pakaian yang berwarna putih. Hal ini tentu saja perlu dihindari, mengingat noda deodoran tersebut bisa sangat mengganggu.

Nah, jika itu terjadi jangan langsung membuang pakaianmu ya karena ada bahan-bahan alami yang bisa membantu menghilangkannya.

Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah, untuk menghilangkan bekas noda deodoran pada pakaian:

 

1. Cuka 


Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan noda deodoran pada pakaian adalah dengan cuka putih. “Merendam pakaian dalam semangkuk cuka putih dapat membantu mengangkat noda dan menghilangkan bau yang mungkin menempel pada noda,” kata Jennie Varney, manajer Molly Maid. 

“Rendam selama satu jam, lalu kocok perlahan dengan sikat. Kemudian lakukan siklus pencucian biasa. Selain noda deodoran, cuka juga bisa membantu menghilangkan noda kopi dari pakaian," tambahnya. 

 

2. Baking soda


Baking soda dapat bekerja dengan baik pada noda. “Mencampur baking soda dengan sedikit air untuk membentuk pasta dapat membantu menghilangkan noda dengan lembut dan membantu mengangkatnya sebelum dicuci dengan air panas,” kata Varney. 

Oleskan pasta ke noda, diamkan selama 20 menit hingga semalaman, tergantung tingkat keparahan noda, lalu masukkan ke dalam cucian biasa.


(Cuka, baking soda, air lemon, dan hidrogen peroksida dipercaya dapat menghilangkan noda bekas deodoran pada pakaian. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Air lemon 


Menurut Sean Busch, CEO dan salah satu pendiri Puracy, asam yang terdapat pada air lemon dapat membantu mengurai penumpukan sisa deodoran pada pakaian.

“Dengan rasio 1: 1 air lemon dan air  dapat berfungsi sebagai perawatan noda yang baik. Kemudian diamkan noda selama satu jam sebelum siklus pencucian normal,” tutur Varney.

 

4. Hidrogen peroksida


Hidrogen peroksida benar-benar efektif, tetapi dapat mengubah warna pakaian. Jadi para ahli menyarankan untuk menggunakannya hanya pada pakaian putih. “Campuran hidrogen peroksida dan air, kemudian rendam selama beberapa waktu sebelum kamu mencucinya seperti biasa” kata Varney.

Jika ingin mencobanya pada pakaian berwarna, ujilah di tempat kecil yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk melihat apakah menyebabkan kerusakan. Dan pastikan untuk tidak menggunakannya pada kain yang lebih lembut seperti sutra, satin, atau wol.
(yyy)