FAMILY

Bumil Insomnia? Ini 3 Cara yang Bisa Dilakukan

Medcom
Jumat 24 Juni 2022 / 08:00
Jakarta: Sebuah studi pada tahun 2017 yang dipublikasikan dalam European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology menemukan bahwa sekitar 60 persen wanita mengalami insomnia pada trimester ketiga. Alasannya, karena kesulitan menemukan posisi tidur yang nyenyak akibat perut yang semakin besar hingga perasaan cemas menjelang kelahiran bayi.

Namun, Bumil tak perlu khawatir, Danielle J. Johnson, MD, FAPA, Kepala Staf Medis di Lindner Center of HOPE menyebutkan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari insomnia dan meningkatkan kualitas tidur selama kehamilan, seperti:
 

Menerapkan jadwal tidur 

Menurut Johnson, penting sekali untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Pastikan kamu tidur pada ruangan dengan cahaya yang redup dan hening dengan suhu yang nyaman. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
 

Rutin berolahraga

Aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi kecemasan atau depresi. "Ketika hamil, Anda sebaiknya melakukan olahraga setidaknya 150 menit setiap minggunya. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan santai, yoga, atau mencoba kelas menari," saran Johnson. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Me time

“Wanita yang sedang hamil dan yang baru melahirkan sering kali merasa khawatir terutama mengenai kesehatan bayinya atau kesehatan dirinya sendiri. Dan kecemasan ini dapat membuat kamu menjadi kesulitan tertidur,” ujar Johnson.

Untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk melakukan latihan napas, meditasi, membaca, atau melakukan kegiatan untuk membuat diri merasa nyaman.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)
(yyy)