FAMILY

Ini Tips Orang Tua agar Anak Berhenti Merokok

A. Firdaus
Sabtu 14 Mei 2022 / 14:59
Jakarta: Target prevalensi perokok anak terus dikebut oleh pemerintah. Hal itu masih harus membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, terutama adalah orang tua.

Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari sepakat jika peran orang tua cukup vital untuk menurunkan angka prevalensi perokok anak. Di sisi lain, ini bisa menjadi tantangan bagi orang tua agar anaknya tak merokok.

“Ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi semua orang tua. Tapi tugas ini harus dilaksanakan dengan berkomunikasi dan memberi contoh buruknya merokok secara terus menerus kepada anak,” kata Lisda.

Selain itu, Lisda berharap semua pihak juga terus bahu membahu mengurangi prevalensi perokok anak dengan meningkatkan pengawasan penjualan rokok.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan bahwa dari 70 juta anak di Indonesia, 37 persen atau 25,9 juta anak di antaranya pernah dan masih merokok. Upaya pencegahan harus dimulai sejak dini, dari lingkungan dan orang terdekat anak itu sendiri.

Melansir cegahperokokanak.id, peran orang tua dalam preventif perokok anak bisa terbagi menjadi dua hal. Di antaranya:
 

1. Tahap coba-coba


Yang pertama, jika anak masih dalam tahap mencoba-coba, para orang tua hendaknya melakukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri si anak agar mampu menyikapi dengan tepat tekanan dan ajakan teman sebayanya. Orang tua hendaknya memberi pemahaman pada anak mengenai hal yang benar dan bukan mengenai yang salah. Anak yang merasa terhubung dengan orangtuanya akan lebih terbuka berbicara tentang masalah yang dihadapinya.
 

2. Tahap kecanduan


Adapun jika anak sudah dalam tahap kecanduan, orang tua diharapkan tidak bereaksi berlebihan. Tapi siapkan komunikasi yang lebih intens dan lebih fokus.

Mintalah anak berbicara jujur untuk mengungkapkan apa yang membuatnya tertarik dengan rokok. Ajak anakmu untuk memikirkan masalah kedepan, seperti kesehatan dan keuangan. Tunjukan bahwa anak bisa membeli sesuatu barang yang lebih berarti dengan uangnya, dibandingkan membeli rokok.
(FIR)