FAMILY

4 Tips Mengajari Anak Mengatur Uang Sejak Dini

Sandra Odilifia
Rabu 02 Desember 2020 / 09:40
Jakarta: Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet, menekankan betapa pentingnya mengajari anak tentang nilai uang sejak usia dini.

“Ayah saya adalah inspirasi terbesar saya. Apa yang saya pelajari sejak usia dini darinya adalah memiliki kebiasaan yang benar sejak dini. Menabung adalah pelajaran penting yang dia ajarkan," ujar Buffet.

Menurut Buffet, kesalahan terbesar yang kurang disadari para orang tua biasanya mereka mengajarkan cara mengatur uang setelah anak-anak memasuki usia remaja.

"Kadang-kadang orang tua menunggu sampai anak-anak mereka remaja dan baru mulai berbicara tentang mengelola uang. Padahal mereka bisa memulai ketika anak-anak mereka masih kecil, saat prasekolah,” ungkap Buffet.

Mendukung pendapat Buffett, para peneliti telah mencatat bahwa 80 persen pertumbuhan otak manusia terjadi pada usia tiga tahun.
 
Satu studi dari Universitas Cambridge menemukan bahwa anak-anak sudah dapat memahami konsep uang dasar antara usia tiga dan empat tahun. Dan pada usia tujuh tahun, konsep dasar yang berkaitan dengan perilaku keuangan di masa depan biasanya sudah berkembang.

“Sebagian besar orang tua sudah tahu betapa pentingnya mengajari anak-anak mereka tentang uang dan cara mengelolanya dengan benar,” kata Buffett. 

"Namun ada perbedaan antara mengetahui dan mengambil tindakan. Para orang tua tampaknya tahu bahwa mereka harus berbicara dengan anak-anak mereka tentang uang tetapi banyak yang gagal untuk benar-benar duduk dan berbicara dengan mereka tentang hal itu."

Salah satu trik Buffett untuk mengajarkan anak-anak tentang keuangan sederhana yakni melalui serial animasi yag berjudul 'Secret Millionaires Club'. Dimana animasi tersebut juga menampilkan dirinya sebagai mentor bagi sekelompok siswa.

“Saya mengajari anak-anak saya pelajaran yang diajarkan di 'Secret Millionaires Club'. Itu adalah pelajaran sederhana yang dimaksudkan untuk bisnis dan kehidupan,” kata Buffett.


keuangan
(Ajarkan si kecil menabung sejak dini. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

 
Melansir Usaherald, berikut empat tips dari Buffett tentang cara mengajar mengelola uang kepada anak-anak:
 

1. Berpikir kreatif


Tujuannya adalah untuk mendorong anak-anak kamu agar tidak menyerah hanya karena ada sesuatu yang tidak berhasil pada awalnya. Kemampuan untuk berpikir kreatif dan out of the box akan berguna saat mereka menghadapi tantangan keuangan di masa depan.
 

2. Ajari mereka untuk mulai menabung


Tujuannya untuk membantu anak kamu belajar mengelola uang mereka. Penting bagi mereka untuk memahami perbedaan antara keinginan dan kebutuhan sejak dini.

Caranya berikan anak kamu dua stoples uang, satu untuk tabungan dan satu untuk dibelanjakan. Ajarkan mereka untuk menyisihkan uang dan membelanjakan uangnya dengan soples yang berbeda.
 

3. Bagaimana membedakan antara harga dan nilai


Banyak orang lebih memilih nama merek yang menjual barang dengan harga premium dibanding produk sebanding dengan harga lebih murah, tentunya bukan merek ternama.

Ide di balik pelajaran ini adalah untuk membantu anak-anak memahami berbagai cara pengiklan membuat orang membeli layanan atau produk mereka, serta cara mengetahui apa yang layak dan tidak layak dibayar.
 

4. Bagaimana membuat keputusan yang baik


Kunci untuk membuat keputusan cerdas adalah memikirkan tentang bagaimana pilihan yang berbeda dapat memengaruhi hasil di masa depan.

Buffett menyarankan untuk mencontohkan keterampilan pengambilan keputusan yang baik dan berbicara dengan anak-anak tentang keputusan kamu saat membuatnya, serta efek apa yang mungkin akan terjadi. 

“Misalnya, kami ingin membeli TV baru, tetapi AC kami rusak dan kami perlu menghemat uang untuk memperbaikinya. Jika tidak, rumah akan terlalu panas saat musim panas tiba. Setelah AC diperbaiki, kita bisa berpikir untuk membeli TV,” ujar Buffet.
(TIN)