FAMILY

7 Tips Saat Kamu Kencan Online

Yatin Suleha
Selasa 06 April 2021 / 22:28
Jakarta: Saat pertemuan fisik dikurangi karena masih pandemi, dunia percintaan yang masih 'diburu' oleh para jomblowati atau jomblowan sebenarnya tidak perlu terlalu pusing.

Hal ini karena kencan melalui dunia virtual atau online sebenarnya bisa dilakukan. Tapi banyak sekali pengalaman yang mengatakan bahwa kencan online banyak tak sukses. Mulai dari cara membuka pembicaraan yang salah hingga menimbulkan kekakuan dalam obrolan.

Jadi, bagaimana sih agar sukses kencan online? Dating.com, sebuah aplikasi kencan online yang telah dikembangkan sejak tahun 1993 dan berada di lebih dari 32 negara memberikan tipsnya agar kamu tidak canggung lagi untuk memulai obrolan di aplikasi online. Berikut langkah-langkahnya:
 

1. Hindari kata "Hai" saja


Standar banget membuka obrolan dengan kata hanya "Hai" saja. Dan biasanya sapaan ini hanya berlalu begitu saja. Jadi, bukalah sapaan obrolan dengan tambahan kata lainnya. Pelajarilah sedikit profil calon pasangan di aplikasi online. 

Dengan melihat profilnya, kamu bisa tahu kesukaan dari teman chattingmu dan mulai dengan obrolan yang menarik seperti, “Hai, kamu suka memasak ya?” atau “Hai, kamu suka traveling, sama dong”. Jadi, hindari kata "Hai" saja ya?
 

2. Inisiatif dan proaktif


Pernah bertemu dengan seseorang yang jawabnya singkat? Nah hindari perlakuan seperti ini. Jika bingung mau berinisiatif seperti apa kamu bisa mencoba bertanya dengan topik yang umum, aman, dan nyaman.

Misalnya, “Suka nonton film apa?” atau "Suka traveling ke mana?" Dengan terus bertanya, pembicaraan yang menarik untuk calon pasangan akan mengalir dari topik yang sederhana menjadi yang serius seperti yang kamu inginkan. Namun hindari pertanyaan-pertanyaan yang klise dan membosankan.


kencan
(Mulailah bicara dengan topik ringan soal hobi atau kegemaran. Foto: Ilustrasi/Freepik.com)
 

3. Bicara soal hobi atau kegemaran


Mulailah mencari tahu sifat dan karakter calon pasangan dengan membahas tentang kegemarannya misalkan makanan kesukaan, kegiatan di waktu luangnya seperti apa, hobinya apa. Dengan terus membahas hobi atau kesukaan, maka kita akan semakin mengenal karakter dari calon pasangan. 
 

4. Beri pujian tapi jangan berlebihan


Tunjukkanlah rasa tertarik kamu dengan sebuah pujian dari apa yang teman chattingmu utarakan, tapi jangan juga terlalu berlebihan ya. Kamu bisa memuji pencapaian yang sudah diraih dengan kalimat pujian dan sedikit menggoda seperti, “Wah kamu jago masak yah, pengen suatu saat makan masakanmu deh” dan lainnya.

Tapi kamu juga jangan takut apabila teman chattingmu menunjukan perilaku yang berlebihan. Aplikasi ini memiliki sistem moderasi yang unik, yang bisa menghalau dan tidak mengizinkan perilaku-perilaku yang tidak pantas tersebut terjadi bagi para membernya. 
 

5. Jaga intensitas chatting 


Tetap jaga chatting/obrolan kamu menyenangkan dan menarik, hindari pembahasan atau pertanyaan yang berulang-ulang. Jangan terlalu berharap, si dia akan mengirimkan pesan setiap menit dan kamu menuntut mengapa dia tidak membalas chatmu dengan cepat, bisa saja dia sedang sibuk dengan real life-nya.

Namun, juga jangan terlalu lama membuat teman chatting-mu menunggu ya. Jangan, karena ingin terlihat terlalu sibuk, kamu membalasnya malah keesokan harinya lagi. Hal itu dapat membuat mood dan atensi dari teman chatting-mu berkurang dan mereka akan mencari teman chatting lainnya. Usahakan untuk membalas tidak lebih dari enam jam.
 

6. Gunakan emoji dan hindari bicara dengan topik serius


Mulailah dengan percakapan yang ringan dan jangan bicarakan hal-hal serius saat chatting. Ada beberapa topik obrolan yang sebaiknya dibicarakan secara langsung atau lewat telepon. 

Pintarlah memilah topik yang asyik dibicarakan di chat atau sebaiknya disimpan untuk jadi bahan obrolan saat bertemu secara langsung. Gunakanlah emoji yang lucu-lucu supaya terkesan tidak kaku.
 

7. Sebaiknya jujur dan 'no halu'


Saat sudah menemukan orang yang cocok dan nyaman untuk diajak chatting, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah berbicara jujur serta tidak melebih-lebihkannya. Jangan lakukan hal yang bukan kepribadian kamu alias dikenal dengan sebutan halu/halusinasi (mengada-ngada) agar terlihat baik di mata lawan bicara kamu.

Bicarakanlah apa yang sebenarnya, agar saat sudah berjalan ke hubungan yang serius kamu tidak tertipu atau menipu dengan ekspektasi yang terlalu tinggi. Selamat mencoba ya!
(TIN)