FAMILY

Menanam Pohon, Salah Satu Ide Liburan di Rumah Saja

Raka Lestari
Rabu 28 Oktober 2020 / 13:55
Jakarta: Menghabiskan waktu di rumah pada masa liburan panjang seperti ini merupakan pilihan yang paling baik.

Hal ini karena pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang, melakukan kegiatan di luar rumah bisa sangat berisiko untuk terkena covid-19. Dan tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mengisi liburan meskipun di rumah saja.

“Liburan seperti ini memang kita bisa memiliki banyak pilihan. Bisa liburan keluar rumah, keluar rumah, atau di rumah saja. Dan saya yakin masyarakat sudah semakin cerdas untuk bisa memilih apa yang akan dilakukan pada liburan panjang ini,” ujar Letjen TNI Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan Covid-19/Kepala BNPB.

Menurut Doni, memilih untuk liburan di rumah saja bukanlah hal yang salah.

“Saya justru mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan liburan panjang ini dengan melakukan aktivitas lingkungan. Contohnya, pada saat musim hujan seperti ini bisa mencari bibit tanaman untuk ditanam,” sarannya.


tanaman
(Tanaman selain menyejukkan juga bisa membuat suasana lebih cantik. Coba deh aplikasikan di rumah sebagai salah satu kegiatan mengisi libur panjang di masa pandemi covid-19 ini. Foto: Pexels.com)


“Bisa juga melakukan kerja sama dengan masyarakat di RT atau RW untuk membersihkan saluran air, seperti selokan, gorong-gorong, yang pasti melakukan apa saja yang dapat mengurangi risiko untuk menghadapi curah hujan yang tinggi ini,” saran Doni.

Indonesia sendiri saat ini sedang mengalami La Nina, sehingga sangat berisiko jika melakukan liburan di luar rumah.

“Misalnya saat berada di alam terbuka, bisa saja ada angin kencang yang tidak bisa diprediksi. Atau bisa saja ada pohon tumbang di jalan,” ujar Doni.

“Dan agar pohon tumbang ini tidak membahayakan, kita bisa memangkasnya. Bukan memotongnya, agar ketika terjadi hujan lebat pohon tersebut tidak membahayakan. Ini bisa dilakukan dengan bekerja sama dan bergotong royong dengan masyarakat di lingkungan kita,” tambah Doni.

Menurutnya, melakukan aktivitas yang berhubungan dengan lingkungan bisa membuat kita merasa puas karena sudah membantu alam dan lingkungan.

“Dan kalau terjadi sesuatu, tidah menimbulkan kerugian. Pohon yang tumbang itu kan bisa berbahaya,” pungkasnya.
(TIN)