FAMILY

Bayi Tidak Suka Makanan Tertentu? Jangan Menyerah!

Kumara Anggita
Rabu 02 Juni 2021 / 10:00
Jakarta: Ketika bayi sudah tidak bergantung pada ASI, orang tua akan mulai mengenalkannya dengan berbagai makanan atau minuman tertentu yang disebut dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Ada momennya anak lahap dan ada pula yang dilepehkan.

Ketika anak melepehkannya, kamu jangan langsung berpikir bahwa dia tidak suka. Menurut dr. Yoga Devaera, Sp.A (K), Dokter Anak Subspesialis Nutrisi dan Metabolik, kamu perlu mengenalkannya berulang kali dulu untuk menyimpulkan bahwa anak benar-benar tidak suka.

“Misalnya anak tidak suka hati, dikasih langsung dilepeh. Perlu diingat juga bahwa orang tua sudah dengan berbagai pengalaman makanan baru. Namun anak baru pertama kali. Kadang mereka bukannya tak mau tapi rasanya asing jadi perlu diperkenalkan secara berulang,” jelasnya dalam live Instagram RSUI.

Dr. Yoga menganjurkan agar orang tua memperkenalkannya dulu, mungkin 10-15 kali. Cobalah variasi lain agar satu jenis makanan yang dianggap tidak disukai itu bisa diterima anak.

“Teorinya 10-15 kali mencoba baru anak kita tidak mau makan itu. Tapi kalau makan hatinya kalau digoreng misalnya jadi mau. Itu preferensi ya, bukan tak mau makan tapi seleranya mungkin mau lebih kering atau basah,” jelasnya.

“Banyak yang harus dilihat. Betul susah atau persepsi kita salah?” pesannya.

(TIN)