FAMILY

Zazkia Sungkar Ingin Jadi Ibu Milenial Ramah Lingkungan

Medcom
Selasa 04 Mei 2021 / 22:01
Jakarta: Sejak dikaruniai anak, Zaskia Sungkar bertekad menjadi seorang ibu yang semakin peduli terhadap lingkungan. Terutama di situasi pandemi seperti sekarang ini, banyak ibu-ibu yang ramah lingkungan dengan hidup menggunakan segala sesuatu yang lebih natural.

Sikap ramah lingkungan dimulai Zaskia dengan tidak melakukan perbuatan mencemari lingkungan di rumah. Salah satunya ketika tidak mencuci pakaian dengan deterjen yang mengandung soda abu.

Soda abu berfungsi untuk meningkatkan daya bersih pada pakaian, namun efek samping deterjen yang mengandung soda abu dapat membuat tangan kita menjadi panas saat kita bersentuhan dengan deterjen tersebut. Pengalaman buruk itu dirasakan Zaskia belum lama ini ketika tangannya menjadi terluka usai mencuci.

"Meskipun sifatnya dapat membersihkan pakaian kita, namun deterjen juga mempunyai kekurangan seperti di atas, yaitu dapat mencemari lingkungan karena zat kimia dan dapat membuat tangan kita menjadi panas hingga mengelupas," jelas Zaskia Sungkar dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Zaskia, para ibu-ibu milenial sekarang biasanya lebih cerdas dan terbuka dengan sesuatu yang baru. Karena melek informasi, mereka lebih ketat menjaga keluarganya. Termasuk ketika mencuci pakaian.

"Tidak seperti di luar negeri yang sudah lama memakai deterjen berbahan aktif tumbuhan, umumnya deterjen yang beredar di Indonesia mengandung natrium perborat, pewangi, pelembut, natrium silikat, namun zat yang terkandung dalam deterjen tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan karena mengandung busa yang banyak," paparnya.

Berdasarkan pengalamannya, Zaskia menganggap solusi untuk tetap menjaga lingkungan tanpa harus mengurangi kualitas kebersihan pakaian kita, yaitu menggunakan deterjen yang berbahan aktif tumbuhan sehingga menjaga tangan  tetap lembut.

"Jika mengaku ibu milenial yang eco friendly, kita harus juga memerhatikan deterjen yang dipakai, demi kesehatan lingkungan dan juga kesehatan keluarga. Mulai sekarang yuk mulai menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. Kita hanya perlu membiasakan diri, dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga," tutup Zaskia.

 
(ELG)