FAMILY

Redam Tekanan Anak saat PJJ dengan Cara Ini

A. Firdaus
Rabu 21 Oktober 2020 / 20:01
Jakarta: Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi aktivitas pengganti belajar mengajar tatap muka. Aktivitas ini dilakukan sejak Maret 2020 sebagai upaya mencegah penyebaran covid-19.

Orang tua sebagai sosok terdekat anak dalam PJJ, memiliki peran penting. Terutama dalam mencegah dan mengatasi tekanan anak saat melakukan PJJ.

Menurut Psikolog Marcelina Melisa, M. Psi, hal pertama yang bisa orang tua lakukan adalah, mengajak anak beristirahat sejenak dari layar digital ketika PJJ dilakukan.

"Cara tersebut dapat memberikan ketenangan pikiran karena penggunaan layar berlebihan tidak baik bagi fisik, mental, atau emosional," ujar Marcelina kepada rilis yang diterima dari SiDU.

Keadaan fisik yang baik, menurut Marcelina, dapat membantu melancarkan peredaran darah, menjaga suasana hati anak agar tetap nyaman selama proses belajar, dan membantu meningkatkan fokus.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan pola tidur anak. Sebab banyak anak mengalami perubahan pola tidur, sehingga waktu tidur mereka lebih larut dan menjadi kurang berenergi di keesokan paginya.

"Kedua, mengakomodir peralatan tulis anak untuk kegiatan belajar menjadi sebuah upaya yang patut dicoba. Sebab tulisan tangan adalah elemen ekspresi diri yang meluncurkan proses kreatif," terang Marcelina.

"Terakhir, mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui tulisan mengarah pada upaya menjaga kesehatan yang positif," tutup Marcelina.
(FIR)