FAMILY

Tips Mencapai Kebebasan Finansial untuk Perempuan Masa Kini

Yuni Yuli Yanti
Jumat 01 Juli 2022 / 10:00
Jakarta: Meraih pencapaian kini hampir berbanding lurus dengan penghargaan. Jika tidak dari orang lain, tak jarang kita memaksa diri untuk memberikannya kepada diri sendiri. 

Hal ini kerap terjadi pada perempuan mandiri yang sudah memiliki pencapaian tertentu pada karier dan profesinya. Namun, jika tidak hati-hati justru malah akan berujung kepada pemborosan dan cita-cita menggapai kebebasan finansial hanya sekadar impian. 

Nah, supaya tidak terjadi hal tersebut kamu bisa mengikuti tips dari mewujudkan kebebasan finansial tanpa hambatan dari FWD Insurance berikut ini:
 

Sisihkan pendapatan, bukan sisa

Umumnya, kebanyakan orang menabung dari sisa pendapatan setelah digunakan
untuk biaya hidup. Hal inilah yang membuat banyak orang kesulitan untuk bisa menabung dengan konsisten, karena sering kali tidak terdapat sisa dari pendapatan yang dihasilkan.

Oleh karena itu, perempuan modern dapat menghindari kebiasaan ini dengan melakukan
penyisihan pendapatan di awal. Langsung buat target besaran uang yang wajib disimpankan dari penghasilan rutinmu dan pisahkan dari besaran yang perlu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mempermudah, sebaiknya miliki dua rekening tabungan yang berbeda. Satu rekening digunakan untuk menerima pendapatan dan untuk transaksi pengeluaran, sedangkan satu rekening lainnya dipergunakan khusus untuk menabung atau berinvestasi. Setidaknya, sisihkan sebesar minimal 10 persen setiap bulannya. Jika kamu bisa melakukan ini secara rutin dan konsisten, bisa dipastikan kamu sudah selangkah menuju impian kebebasan finansial.
 

Susun anggaran dan prioritas pengeluaran

Buatlah anggaran keuangan pribadi dan tentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya. Hal ini menjadi penting untuk memastikan pengeluaran setiap bulannya tidak lebih besar dari sisa pendapatan. Sering kali terjadi ketika sudah berhasil menyisihkan pendapatan, tetapi jumlah tabungan yang dimiliki tidak pernah bertambah, karena akhirnya terpakai juga untuk pengeluaran bulanan.


Maka, alokasikan pendapatan untuk merawat diri dan penampilan, dengan menganggarkan sekitar 5 sampai 10 persen. Pastikan pengeluaran ini sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.


(Buatlah anggaran keuangan pribadi dan tentukan prioritas pengeluaran setiap bulannya dan lakukan pencatatan keuangan dengan rinci. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

Lakukan pencatatan keuangan 

Untuk memastikan setiap bulannya pengeluaran yang dilakukan sudah sesuai dengan
anggaran yang telah dibuat, maka baiknya lakukan pencatatan keuangan setiap harinya. Hal ini untuk mengontrol pengeluaran yang dilakukan selalu sesuai dengan anggaran yang telah dibuat.
 

Perkuat pondasi keuangan

Membangun pondasi keuangan yang kuat bisa dimulai dengan menyediakan dana
darurat dan proteksi. Dalam hal ini minimal memiliki asuransi kesehatan. Dari pendapatan yang disisihkan setiap bulannya, alokasikanlah 15–20 persen untuk dana darurat dalam bentuk asuransi kesehatan dan proteksi jiwa. 

Ingat, jangan pernah bersandar hanya pada satu pondasi. Misalnya, asuransi kantor saja, tetapi sewajarnya harus memiliki satu asuransi pribadi juga. Dengan begitu, kebebasan finansial bisa segera tercapai.
(yyy)