FAMILY

2 Kunci Bertahan Saat Alami Kesulitan

Kumara Anggita
Minggu 04 April 2021 / 18:00
Jakarta: Dalam menjalankan kehidupan, cobaan atau kesulitan akan selalu muncul. Agar kamu tidak tumbang dalam prosesnya, Tara de Thouars, Psikolog Klinis dan Penulis Buku “The Happy Therapy Book” menyarankan dua kunci yang harus dimiliki seseorang. 

Menurutnya kunci seseorang bisa bertahan adalah daya juang dan kesabaran. Dengan memiliki ini, kamu bisa sampai pada tujuanmu. 

“Kesulitan hidup tidak bisa kita tolak ya. Inginnya hidup lancar. Namun tantangan selalu ada. Untuk melewati itu semua ada dua kunci yang sangat penting yaitu daya juang dan kesabaran,” ungkap Tara dalam Media Briefing Mi ABC Selera Pedas.
 

Perjuangan


Perjuangan adalah hal yang harus dilakukan dalam mencapai tujuan. Perubahan menurutnya baru bisa terjadi dengan melakukan ini. “Karena kalau tidak ada perjuangannya, keadaan tidak akan berubah,” jelasnya.
 

Kesabaran


Selain itu, kamu tidak bisa mendapatkan hasilnya langsung. Oleh karena itu, kamu juga harus berlatih untuk bersabar.

“Yang kedua kenapa harus sabar? Karena perubahan keadaan membutuhkan waktu,” katanya. “Sama seperti pandemi ini. Semua orang berusaha untuk mengikuti protokol dan lain-lain. Tapi kan keadaan tidak selalu berubah karena tak semua dalam kendali kita,” lanjutnya. 

Dengan memiliki dua hal ini kamu akan memiliki ketahanan. Mudah-mudahan kamu bisa mencapai apa pun tujuanmu. 

“Kalau bicara daya juang dan kesabaran ada satu istilah yang cukup nge-tren di masa pandemi ini yang banyak dibahas psikolog yaitu Resiliensi Diri. Ini sesuatu yang amat sangat penting karena resilience diri dibutuhkan untuk kita bangkit dalam kesulitan hidup yang ada,” pungkasnya. 

(TIN)