FAMILY

Selain Orang Tua, Anak-anak juga Butuh Self-Care

Kumara Anggita
Senin 23 November 2020 / 12:16
Jakarta: Self-care atau merawat diri adalah suatu tindakan yang perlu dilakukan sejak dini, agar orang paham bahwa tindakan ini adalah tindakan yang tepat dilakukan dan tak merugikan siapapun. Untuk itu, orang tua perlu mengajarkannya pada anak-anak.

Rininta Meyftanoria, M.Psi, Psikolog selaku Psikolog Klinis Anak menjelaskan bahwa, jika self-care tidak diajarkan dari kecil, saat kita dewasa yang kita tahu self-care adalah sesuatu yang egois, mementingkan diri sendiri, terlalu mewah, dan dianggap bukan prioritas.

“Biasanya kita cenderung mengesampingkan perasaan lelah, kewalahan, dan sakit. Self-care bukanlah selfish. Penting bagi kita merawat diri sendiri sehingga kita tetap sehat secara fisik dan mental,” papar Rininta dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting dengan tema Pentingnya Self-Care terhadap Anak.
 

Self-care untuk kelangsungan kesehatan mental


Self-care penting diajarkan kepada anak karena terkait dengan kesehatan mental. Menurutnya self-care dapat membantu kita mengatasi stres, kekhawatiran, dan membantu mengendalikan kemarahan. Apabila kita punya sehat fisik dan mental, maka kita punya energi untuk merawat orang lain.

“Anak-anak, sama seperti orang dewasa, mereka juga bisa stres atau marah. Terutama di masa pandemi seperti ini, anak-anak mulai stres setelah delapan bulan sekolah online, banyak tugas, lebih banyak duduk, tidak bisa bermain secara langsung dengan teman-teman sebayanya atau bersosialisasi dengan orang lain di luar rumah, dan kesempatan untuk pergi ke tempat-tempat outdoor pun terbatas,” terang Rininta.

“Dengan mengajarkan kepada anak-anak untuk merawat diri sendiri secara rutin, akan membantu mereka mengelola stres secara sehat dan efektif. Anak-anak yang diajarkan self-care juga tidak hanya membentuk kebiasaan yang baik, tetapi juga membantu pikiran dan fisik berfungsi optimal,” tutupnya.
(FIR)