FAMILY

6 Makanan Pelancar ASI Alami yang Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Raka Lestari
Kamis 15 Juli 2021 / 12:30
Jakarta: Air Susu Ibu (ASI) merupakan salah satu bagian penting dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama pada 6 bulan pertama kehidupannya. Akan tetapi, beberapa ibu mungkin pernah mengalami kesulitan dalam produksi ASI

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya kamu mengonsumsi beberapa makanan seperti berikut ini: 

 

Oatmeal 


Oat adalah sejenis biji-bijian dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Ini bisa dijadikan sebagai makanan yang sehat atau sarapan untuk ibu menyusui. Selain itu, oat juga dapat meningkatkan suplai ASI dengan meningkatkan kadar hormon oksitosin. Para ibu menyusui bisa menggunakan oatmeal untuk dijadikan berbagai jenis makanan, seperti kue kering, roti, atau bubur.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

 

Wortel 


Wortel adalah sayuran yang kaya akan serat dan bisa menambah warna pada makanan serta memenuhi nutisi penting yang dibutuhkan ketika menyusui. Kamu bisa mengonsumsinya secara mentah setelah mengupas kulitnya sebagai salad atau dimasak dengan makanan lainnya. Fitoestrogen yang ada dalam wortel merupakan salah satu zat penting untuk produksi ASI. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Bawang putih


Bawang putih populer karena khasiat terapeutik dan pengobatannya. Bawang putih biasanya dikonsumsi karena efek galactagogue yang dimilikinya. Namun, hal itu dapat mengubah rasa ASI dan dapat memicu kolik pada bayi. Untuk itu, waspadai setiap perubahan pola makan dan perilaku bayi setelah mengonsumsi bawang putih.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Sayuran berdaun hijau


Sayuran berdaun hijau merupakan sumber mikronutrien, serat makanan, dan senyawa bioaktif yang sangat baik yang dapat meningkatkan pemulihan pascapersalinan dan nutrisi ibu menyusui. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga mengandung fitoestrogen yang dapat meningkatkan suplai ASI.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Pare


Meskipun memiliki rasa yang pahit, pare juga memiliki manfaat kesehatan dan khasiat obat karena rasa pahitnya tersebut. Pare juga dapat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Untuk mengonsumsinya, pare bisa dijadikan sayur atau camilan seperti keripik agar tidak terlalu terasa pahitnya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)
 

Salmon


Salmon adalah ikan rendah merkuri yang kaya akan protein berkualitas tinggi, vitamin D, B12, dan nutrisi asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi ibu dan bayi. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi salmon secara teratur dapat meningkatkan suplai ASI dan meningkatkan komposisi ASI. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Pixabay.com)

(yyy)