FAMILY

Pentingnya Periode Pasca Melahirkan bagi Kesejahteraan Ibu dan Bayi

Raka Lestari
Selasa 09 Maret 2021 / 15:07
Jakarta: Hari-hari dan minggu-minggu pertama setelah persalinan atau disebut periode post-natal merupakan fase kritis bagi kehidupan ibu dan bayi yang baru lahir. Sebagian besar kematian ibu dan bayi terjadi dalam periode ini, namun justru periode ini yang paling diabaikan oleh sebagian orang.

“Masa pasca persalinan adalah fase kehidupan baru bagi seorang perempuan. Penelitan menunjukkan 1 dari 7 perempuan, mengalami depresi atau kecemasan (anxiety) selama kehamilan atau pasca melahirkan, kelelahan, gangguan nafsu makan atau tidur, perubahan suasana hati, perasaan kewalahan mengurus bayi dan disfungsi seksual," ujar dr. Ni Komang Yeni DS, Sp. OG, MM, MARS..

Menurut dr. Yeni, yang juga CEO Klinik Health 360 Indonesia ini, hal-hal tersebut di atas seringkali terlewatkan pada saat pemeriksaan pasca melahirkan.

"Peran suami, orang tua, teman atau support system lainnya yang kita miliki, bisa kita jadikan tempat untuk berbagi," ujar dr. Yeni dalam acara Virtual Press Conference untuk memperingati International Women’s Day 2021, pada Selasa, 9 Maret 2021.

"Para support system ini pun harus bisa menjadi pendengar yang baik segera mendeteksi adanya perubahan yang terjadi pada ibu pasca melahirkan agar bisa segera mencarikan solusi terbaik bagi ibu. Ibu yang bahagia akan mencetak anak dan keluarga yang berbahagia juga. Happy wife–happy life,” tutur dr. Yeni.

Sementar itu dr.  Ivan  Sondakh,  Sp.OG, Dokter  Spesialis Obgyn mengatakan periode pasca melahirkan merupakan masa yang membahagiakan, sekaligus tantangan bagi ibu dan anggota keluarga lainnya. Pada fase ini, segala tantangan yang dialami harus menjadi tanggung jawab bersama," ujar dr. Ivan.

"Komunitas memiliki peran penting dalam memberikan pengalaman postnatal yang positif, termasuk pasangan, keluarga dan orang tua. Periode pasca melahirkan merupakan peluang penting untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan bayi,” tambah dr. Ivan.

Kesehatan mental para ibu pasca melahirkan sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Tetapi hal ini sering kali tidak menjadi perhatian utama bagi para ibu serta keluarganya.

Masalah mental pada ibu perlu menjadi perhatian, karena hal ini dapat berdampak pada caranya mengasuh dan merawat bayinya, memengaruhi keseluruhan fungsi mereka sebagai ibu dan istri, serta pekerjaannya sehari-hari. 
(FIR)