FAMILY

7 Tips agar Bayi Mendapatkan Tidur Berkualitas

A. Firdaus
Sabtu 28 Mei 2022 / 14:06
Jakarta: Tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh dan fungsi organ agar anak berkembang optimal. Selain itu dengan tidur berkualitas juga meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak.

Bayi usia 0-3 bulan idealnya tidur 14-17 jam per hari, usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam, batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam, sedangkan usia 3-5 tahun 10-13 jam.

"Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya," ujar Bidan Novelita Damanik dalam keterangan pers.

Tips-tips untuk membantu bayi dan batita tidur nyenyak antara lain:

1. Susui bayi hingga kenyang.

2. Menggunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat.

3. Suhu ruangan yang pas.

4. Redupkan cahaya di kamar.

5. Minimalisasi suara yang dapat mengganggu.

6. Atur posisi tidur bayi senyaman mungkin.

7. Pastikan bayi menggunakan popok dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap dengan baik agar mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam.

Lebih lanjut Jason Lee CEO Makuku Indonesia mengatakan, popok yang menggumpal biasanya menyerap di satu titik saja, sehingga permukaan lembap dan basah.

"Hal ini mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah. Untuk itu struktur SAP seperti yang ada di Makuku Air Diapers Comfort mampu menyerap secara merata dan menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah," kata Jason.

"Dengan begitu mampu mengunci cairan sehingga membuat permukaan popok tetap kering. Semua keunggulan ini memberikan kenyamanan ketika bayi aktif bergerak dan membantu tidur nyenyak," tutupnya.
(FIR)