FAMILY

Merasa Lelah setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya

Raka Lestari
Sabtu 08 Januari 2022 / 19:11
Jakarta: Kamu mungkin pernah mengalami situasi tubuh terasa lelah atau bahkan mengantuk setelah berhubungan seks. Tenang, kamu enggak perlu khawatir karena ada banyak alasan orang tertidur. 

Setelah berhubungan seks, merasa lelah adalah hal yang wajar, dan itu bukan berarti pasanganmu tidak tertarik. Ada beberapa alasan yang jelas untuk itu. Seperti fakta bahwa seks biasanya dilakukan pada malam hari setelah seharian bekerja dan itu adalah latihan yang melelahkan secara fisik. Tetapi ada juga berbagai alasan kimia dan psikologis yang berperan.
 

Alasan merasa lelah setelah berhubungan seks


“Apapun jenis seks yang kamu lakukan, sekalipun bukan termasuk seks yang berlebihan tetap saja itu termasuk ke dalam latihan kardio. Saat berhubungan seks, tekanan darah dan aliran darah dalam tubuh akan meningkat dan akan ada pelepasan endorfin,” kata terapis seks Dr Debra Laino.

Menurut terapis seks Dr Jane Greer, perasaan itu sama seperti habis melakukan olahraga. Dan jika kamu sedang tidak berada dalam kondisi kesehatan yang fit atau memiliki kondisi kardiovaskular, tentunya seks bisa membuatmu merasa lebih lelah.

Selain itu, ketika mengalami orgasme otak akan melepaskan campuran zat neurokimia pada saraf membuat tubuh merasa lelah. Saat berhubungan seks, otak melepaskan oksitosin yang meningkatkan gairah dan kegembiraan. Tapi ketika hilang, kata Laino, itu bisa membuat orang merasa sangat lelah.

"Oksitosin sering disertai melatonin, hormon utama yang mengatur jam tubuhmu. Oksitosin juga membantu tubuh mengatur hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Hasilnya adalah efek menenangkan, hampir seperti memakai narkotika," kata terapis seks Dr Carlen Costa.

Selain oksitosin, pria dan wanita melepaskan vasopresin, prolaktin, serotonin, oksida nitrat, dan endorfin. Beberapa bahan kimia ini tidak akan dilepaskan, kecuali jika kamu mengalami orgasme.
(FIR)