FAMILY

5 Kiat untuk Pasangan agar Hubungan Tetap Romantis

Raka Lestari
Selasa 21 September 2021 / 13:12
Jakarta: Seiring berjalannya waktu, terkadang romantisme dengan pasangan semakin memudar. Padahal romantisme adalah hal yang dibutuhkan agar suatu hubungan bisa tetap terjaga. Romantisme dengan pasangan ini, terkadang semakin berkurang ketika sudah menikah dan mempunyai anak.

Untuk menjaga hubungan tetap romantis, apa yang bisa dilakukan?
 

1. Melakukan tindakan kecil yang manis


“Penelitian dalam hubungan menyimpulkan bahwa melakukan tindakan-tindakan manis, meskipun kecil untuk mengekspresikan rasa cinta dan apresiasi terhadap pasangan adalah hal yang esensial untuk merasa dekat dan tetap terhubung,” kata Elizabeth Hale-Rose, LCSW untuk Privé-Swiss Wellness di Connecticut.
 

2. Secara rutin mengecek kondisi pasangan


Meskipun kamu mungkin sudah mengetahui apa yang akan dilakukan pasangan dan bisa memenuhi semua kebutuhan mereka, penting untuk tetap mengecek keadaan pasangan. Sediakan waktu khusus setiap harinya untuk mengecek keadaann pasangan. Mungkin itu adalah hal yang mereka butuhkan, sehingga mereka merasakan koneksi dan dicintai.
 

3. Melakukan kontak fisik


Perlu diingat bahwa keintiman fisik sangat penting untuk menjaga romansa dan hubungan emosional yang mendalam dengan pasangan. Dan ini jelas tidak harus selalu berarti seks.

Melakukan percakapan sederhana mengenai keintiman fisik juga bisa membantu meningkatkan koneksi. Atau bisa juga menjadikan waktu-waktu tersebut untuk membicarakan fantasi satu sama lain yang mungkin membuat kalian berdua penasaran.
 

4. Mengingat kenangan yang dilalui bersama


Mengingat kenangan-kenangan lama dengan pasangan bisa membawa kenangan indah, membuat kalin tertawa, dan sebagai pengingat mengenai seberapa jauh kalian berdua bersama-sama.

“Penelitian otak menunnjukkan bahwa dengan sengaja mengingat kenangan indah membantu memperkuat jalur saraf yang mendukung kesejahteraan,” kata Hale-Rose.

Jika hubungan kalian masih baru, coba pikirkan kembali mengenai masa-masa awal pendekatan. Bagaimana kenangan pada awal-awal hubungan, atau kejadian lucu yang mungkin terjadi saat kalian bertemu untuk pertama kalinya.
 

5. Merencanakan dinner romantis


Sangat penting untuk menghabiskan waktu berdua bersama pasangan. Mengingat saat ini masih dalam masa pandemi, kamu bisa merencanakan untuk melakukan dinner romantis berdua di rumah saja.

"Dan yang terpenting adalah mengenai koneksi yang diciptakan dan bisa membuatmu dan pasangan lepas dari stressor untuk beberapa waktu,” kata Colleen Mullen, seorang ahli pernikahan berlisensi.
(FIR)