FAMILY

5 Cara Ajarkan Si Balita Sikat Gigi

Yatin Suleha
Minggu 10 Januari 2021 / 11:00
Jakarta: Jujur saja waktunya si kecil menggosok gigi pasti akan terasa 'chaos' dengan dramanya. Entah dia akan berteriak karena tidak mau, tidak suka, atau merasa malas. 

Hal ini juga dipelajari dalam studi Aquafresh yang mengungkapkan bahwa 80 persen anak-anak menjadi tantrum atau marah ketika tiba waktunya menggosok gigi. 

Ini artinya, 1 dari 10 orang tua akan membiarkan anaknya langsung tidur tanpa menggosok gigi mereka terlebih dahulu. Dan lebih dari 25 persen orang tua yang disurvei mengatakan mereka tidak percaya anaknya telah menggosok gigi dengan benar. 

Malah sekitar setengahnya (42 persen) mengakui bahwa mereka harus memaksa si kecil terlebih dahulu untuk mau menggosok gigi.

Bermasalah dengan membiasakan ia menyikat gigi sebelum tidur? Tidak perlu bingung, berikut ini ada beberapa cara praktis ini bisa membuat acara menggosok gigi menjadi lebih menyenangkan. Bisa kamu tiru bersama si kecil.


1. Buatlah waktu menyikat gigi menjadi acara rutin di pagi dan malam hari sebelum tidur

2. Kalau kamu bosan menyuruhnya buka mulut untuk sikat gigi, maka biarkan ia yang menyikat gigi kamu. Ini akan lebih seru kalau kamu dan si kecil saling menyikati gigi satu sama lain. Kami tahu, mungkin awalnya akan terasa tidak nyaman. Tetapi percayalah, cara ini layak dicoba

3. Berikan sikat dan pasta gigi yang didesain khusus untuk anak-anak. Desain dan warna sikat gigi yang seru juga bisa menambah semangatnya menyikat gigi.

4. Demonstrasikan cara menyikat gigi yang benar saat ia sedang menyikat giginya.

5. Nyanyikan lagu bertema 'sikat gigi' (kamu bisa mengarangnya sendiri) agar momen menggosok gigi jadi lebih seru, menyenangkan, dan dinanti. Nah, bisa kamu coba nih saat waktu menyikat gigi.
(TIN)