FAMILY

Selain Melatih Keberanian, Ini 5 Manfaat Membiasakan Anak Tidur Sendiri

Yuni Yuli Yanti
Jumat 10 Juni 2022 / 10:00
Jakarta: Saat masih bayi, orang tua tentu ingin selalu berada di dekat si Kecil sehingga membiarkan ia tidur di kamar yang sama. Namun, ketika anak menginjak usia 3 atau 4 tahun, orang tua bisa mulai membiasakan anak tidur terpisah dengan Ayah dan Ibu. Mengapa demikian?

Pasalnya, di usia 3 atau 4 tahun anak sudah mulai dapat berkomunikasi dengan baik, dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya, serta dapat memahami perintah yang Ibu berikan padanya. 

Selain itu, ada juga beberapa manfaat yang didapatkan ketika anak sudah mulai tidur sendiri, di antaranya:
 

1. Memiliki kualitas tidur yang baik

Ketika anak sudah memiliki kamar sendiri dan terbiasa untuk tidur sendiri, ia akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Psikolog Anak, Jovita Maria mengatakan bahwa anak yang tidur di kamarnya sendiri akan lebih pulas dan terjaga kualitas tidurnya. 
 

2. Mengenal jam tidurnya

Journal of Epidemiology & Community Health menyebutkan anak yang tidur di waktu yang tepat umumnya akan mengalami peningkatan performa kognitif yang penting bagi tumbuh kembangnya ke depan. Maksimal, anak harus bisa tidur sendiri pada usia 8 tahun.
 

3. Melatih keberanian dan kemandirian 

Bukan perkara mudah bagi si kecil untuk tidur sendiri. Namun, jika dilatih dan dibiasakan anak akan belajar memejamkan mata tanpa dipeluk orang tua. Serta, ia akan berusaha mengatasi ketakutannya sendiri. 

Selain itu, tentunya Moms dan Dads ingin si kecil tumbuh menjadi pribadi yang mandiri kan? Nah, contoh paling mudah yang bisa dimulai yaitu dengan membiasakannya tidur di kamarnya sendiri. 


(Maksimal, anak harus bisa tidur sendiri pada usia 8 tahun. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Tanpa disadari, anak yang sudah terbiasa tidur sendiri akan terlihat lebih percaya diri. Tentu kepercayaan diri sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya di usia ini ya. Terutama dalam kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan. 
 

5. Jadi disiplin dan paham privasi

Saat anak sudah terbiasa tidur sendiri ia akan mengenal tentang disiplin dan aturan yang harus ditaati. Ia akan terbiasa dengan jam tidur dan bangun tidurnya sendiri. Tak hanya itu, ia juga akan paham dengan ruang privasinya. Sehingga, ia belajar tentang menghargai privasi orang lain. Misalnya, orang tua memberi contoh untuk mengetuk pintu ketika ingin masuk ke dalam kamar. 
(yyy)