FAMILY

Tips Elegan Hadapi Orang Marah Sampai Bawa Jabatan seperti Dialami Arteria Dahlan

Cindy
Rabu 24 November 2021 / 11:31
Jakarta: Menghadapi orang yang sedang marah memang tidak mudah. Apalagi kalau terjadi seperti kasus perseteruan ibu anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan dengan seorang perempuan mengaku anak jenderal TNI. 

Rasa-rasanya emosi bisa ikut tersulut mendengar seseorang marah dengan nada suara tinggi. Pada dasarnya, manusia dilahirkan dengan sifat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki sifat penyabar, ada pula yang mudah marah. 

Ada yang bisa mengakui kesalahan dan meminta maaf, ada pula yang tidak mau kalah dan ingin menang sendiri. Daripada pusing, mending simak 5 tips elegan ini untuk menghadapi orang marah sampai bawa-bawa jabatan seperti dialami Arteria Dahlan, dikutip dari berbagai sumber:

1. Tetap tenang

Tips elegan menghadapi orang marah bawa jabatan seperti dialami Arteria Dahlan. Pexels
Tetap tenang menghadapi orang marah bawa jabatan seperti dialami Arteria Dahlan. Pexels.

Jika Anda tetap tenang, maka tingkat kemarahan seseorang bisa ditekan. Kasarnya, biarkan orang tersebut marah-marah dan meluapkan emosinya. Nantinya, orang itu akan merasa cape sendiri dan berhenti mengomel, kok. 

Baca: Orang Cenderung Bawa Jabatan dan Pangkat Saat Cekcok, ini Alasan Psikologisnya

2. Dengarkan dan diam

Cobalah untuk mendengarkan orang tersebut, tanpa dibantah. Terkadang seseorang yang tengah marah hanya ingin didengarkan. Jika Anda balas marah atau membantah perkataannya, yang ada bikin suasana tambah keruh.

Justru perseteruan semakin sulit diselesaikan, bahkan berujung saling lapor seperti kasus Arteria Dahlan dan perempuan mengaku anak jenderal TNI itu, lho. 

3. Beri ruang

Tips elegan menghadapi orang marah bawa jabatan seperti dialami Arteria Dahlan2. Freepik
Beri ruang untuk si pemarah yang bawa jabatan seperti dialami Arteria Dahlan. Freepik.

Beri ruang bagi si pemarah untuk meluapkan emosinya. Kalau Anda menyadari bahwa melanjutkan percakapan akan memperburuk keadaan, beri ia ruang untuk tenang dan berpikir. Bersikap diam bukan berarti Anda kalah, kok. Tapi Anda lebih bijak dan mampu mengendalikan emosi dibanding si pemarah. 
(CIN)