FAMILY

Hal-hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Seks setelah Hamil

Raka Lestari
Sabtu 19 Juni 2021 / 19:05
Jakarta: Memiliki bayi adalah sebuah hal yang sangat menggembirakan. Sebagai orang tua baru, tentunya akan melakukan semua hal demi bayinya. Bahkan terkadang lupa apakah sudah makan atau belum, sudah mandi atau belum karena terlalu fokus untuk memperhatikan bayinya.

Salah satu yang mungkin tidak terlalu diperhatikan setelah hamil adalah kehidupan seksual. Dan dilansir dari Women's Health, berikut ini adalah hal yang perlu kamu ketahui:
 

1. Mungkin akan terasa sedikit sakit


Terlepas dari komplikasi apa pun saat kelahiran, atau jika kamu memerlukan pemulihan lebih lama dari biasanya, seks mungkin terasa agak tidak nyaman sedikit menyakitkan.

"Seharusnya tidak terlalu menyakitkan dan sebaiknya kamu harus berhenti melakukannya jika tidak merasa nyaman sama sekali," kata Jessica Shepherd, M.D., ahli kesehatan wanita dan ob-gyn.
 

2. Akan terasa sedikit berbeda untuk beberapa saat


Salah satu kekhawatiran yang mungkin timbul adalah merasa bahwa seks tidak akan menyenangkan seperti sebelum hamil. Elastisitas vagina sangat baik. Vagina akan kembali ke bentuk dan karakteristik normalnya, tapi itu bisa memakan waktu.

"Seberapa cepat keadaan kembali normal tergantung pada banyak faktor, termasuk keadaan otot dasar panggul sebelum melahirkan. Biasanya akan kembali dalam tiga sampai enam bulan," terang Shepherd.
 

3. Tidak merasa menjadi diri sendiri


Memiliki bayi adalah transisi besar, baik fisik maupun emosional. Shepherd merekomendasikan untuk berbicara dengan pasangan dan bersikap terbuka terhadap apa yang kamu alami dan rasakan.

Kamu juga mungkin juga mengalami depresi pasca melahirkan yang harus didiskusikan dengan dokter untuk bsia mendapatkan bantuan yang kamubutuhkan. Jika benar-benar ada kaitannya, mungkin diperlukan untuk mencoba sesi terapi seks, kata Shepherd.
 

4. Semuanya akan kembali normal


Menurut sebuah studi di Australia pada tahun 2015, kehidupan seks dengan pasangan mungkin akan kembali normal dalam setahun, terlepas dari apakah kamu harus melalui persalinan caesar atau normal. Fungsi seksual, keinginan, gairah, dan orgasme semuanya akan membaik seiring dengan berjalannya waktu.
(FIR)