FAMILY

Atasi Speech Delay Anak dengan 3 Cara Ini

Yatin Suleha
Minggu 10 Januari 2021 / 13:00
Jakarta: Si kecil belum mampu berbicara seperti anak lainnya yang seumuran atau memiliki keterlambatan bicara? Hal ini bisa ditandai dengan ia belum mampu bicara kata sederhana seperti mengucapkan kata ibu atau ayah.

Atau ia tidak bisa berbicara dalam kalimat pendek (tiga sampai empat kata) saat berusia tiga tahun. Dilansir dari laman Instagram Parenting dan Keluarga/@talkparenting ada tiga cara untuk mengatasi speech delay pada anak.
 

1. Lakukan diskusi sederhana dengan si kecil


Hal sederhana yang bisa kamu lakukan sebagai orang tua adalah rajin mengajaknya mengobrol. Hal ini cukup efektif untuk mengatasi keterlambatan bicara pada si kecil. Ajak ia berdiskusi mengenai hal-hal yang menarik bagi mereka misalnya kartun kesukaannya atau kegiatan yang dilalui dalam satu hari.
 

2. Belajar bernyanyi bersama


Bernyanyi adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi si kecil. Ciptakan suasana menyanyi sesantai mungkin, berikan lagu anak-anak yang memiliki kata sederhana dan nada sederhana. Lakukan nyanyian dengan memberikan sedikit gerakan tarian agar ia merasa tertarik.
 

3. Membaca atau mendongengkan si kecil


Selain bernyanyi bersama hal lain yang bisa kamu lakukan pada si kecil adalah membacakan buku atau membacakan dongeng. Dilengkapi dengan gambar-gambar yang manarik ini bisa dilakukan untuk mengatasi speech delay. Jangan lupakan juga konsultasikan pada dokter dan psikolog perkembangan anak agar mendapatkan hasil yang maksimal.
 

Kapan perlu waspada si kecil alami speech delay?


Pemeriksaan ke dokter sedini mungkin ketika melihat adanya kejanggalan pada kemampuan berbahasa anak adalah hal yang penting. Hal ini karena berbagai terapi medis untuk speech delay biasanya akan berkurang keefektifannya jika dilakukan saat ia sudah lebih besar atau pada sekitar usia sekolah.
(TIN)