FAMILY

Stop Overthinking, Ini 5 Kebiasaan Negatif yang Bisa Menguras Energimu

Yuni Yuli Yanti
Kamis 14 April 2022 / 08:00
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat kita melakukan segala aktivitas di rumah. Mulai dari belajar, bekerja, bermain, dan lain sebagainya. Tentu, ini bukan hal yang baik bagi kesehatan fisik dan mental, mengingat kita harus berada di dalam ruangan dan duduk di satu tempat sepanjang hari. 

Namun, setelah dua tahun dan kasus covid-19 mulai menurun, banyak perkantoran yang kembali menerapkan bekerja di kantor (work from office). Sehingga, kita harus kembali terbiasa dengan aktivitas-aktivitas di luar rumah tentunya. Sayangnya, ada beberapa kebiasaan buruk dari masa pandemi yang dapat menguras energi dan memengaruhi kesehatan mentalmu, di antaranya:

 

Mengingat masa lalu

Lebih baik melupakan masa lalu dan berkonsentrasi pada masa kini. Ingat, jangan menyimpan dendam atau marah sepanjang waktu karena itu dapat memengaruhi kesehatanmu, sehingga menguras energi Anda. Jadi, cobalah untuk tidak membawa beban emosional itu dari masa lalu karena kamu tidak dapat mengubah apa pun di masa lalu, jadi teruskan dan lihat ke depan.

 

Khawatir

Apakah kamu termasuk orang yang cenderung mengkhawatirkan hal-hal kecil? Jika iya, sebaiknya kamu hindari hal tersebut. Pasalnya, rasa khawatir tidak akan menyelesaikan masalah apa pun. 

“Jika sesuatu tidak ada di tanganmu, tidak ada gunanya mengkhawatirkannya. Jika ada sesuatu yang dapat dilakukan, segera ambil tindakan. Khawatir adalah pemborosan energi. Jadi, cobalah berkonsentrasi pada apa yang bisa Anda kendalikan,” kata Dr. Vikrant Shah, dokter konsultan dan spesialis penyakit infeksi, Zen Multispeciality Hospital Chembur, Mumbai dikutip dari HealthShots.


(Ingat, jangan menyimpan dendam atau marah sepanjang waktu karena itu dapat memengaruhi kesehatanmu. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Terlalu sering menggunakan smartphone

Apakah kamu cenderung menggulir (scrolling) media sosial tepat sebelum tidur atau segera setelah bangun tidur? Sayangnya, ini juga salah satu alasan yang dapat menguras tingkat energimu. Layar dari smartphone hingga TV dapat menekan produksi hormon tidur karena cahaya biru di perangkat. Sehingga, hal ini dapat menyebabkan tidur terganggu atau kurang tidur yang membuatmu merasa lelah dan malas.


(Terlalu sering main smartphone juga salah satu alasan yang dapat menguras tingkat energimu. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Dehidrasi

Penting untuk kamu memastikan agar tubuh selalu terhidrasi. Di satu sisi, kelelahan adalah gejala pertama dehidrasi dan dapat berdampak besar pada fungsi otak, tingkat energi suasana hati, dan lain sebagainya. Sementara di sisi lain, minum cukup air secara teratur dapat membantumu tetap berenergi sepanjang hari.

 

Terlalu banyak mengeluh

“Sama sekali tidak menyenangkan berada di dekat seseorang yang terus mengomel dan mengeluh sepanjang waktu. "Cobalah untuk menemukan solusi untuk masalah apa pun dan melakukan sesuatu yang produktif daripada menguras energi Anda dengan mengeluh," saran dr. Shah. 
(yyy)