FAMILY

Apakah Air Bisa Jadi Media Transmisi Covid-19?

Yatin Suleha
Sabtu 21 November 2020 / 16:47
Jakarta: Saat ini banyak tempat telah dibuka untuk umum dengan memerhatikan protokol kesehatan covid-19. Salah satunya kolam renang.

Walau tak sebanyak dibuka seperti saat normal, namun kamu perlu mengetahui berbagai mitos tentang covid-19 terutama dalam hal ini jika kamu sedang ingin berenang di kolam renang umum.

Pertanyaan umum seperti yang dihimpun oleh WHO adalah, apakah covid-19 bisa menular melalui air di kolam renang? Dan jika ternyata ada orang yang memang positif covid-19 apakah juga bisa menularkannya melalui air dalam kolam renang? 

Dr Sylvie Briand, Direktur Departemen Penyakit Pandemi dan Epidemi di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memaparkan bahwa kamu tidak bisa terkena covid-19 melalui air.

"Namun yang dapat terjadi (transmisinya), jika kamu terlalu berdekatan dengan satu sama lain di kolam renang yang penuh, dan bila seseorang terinfeksi covid-19, maka kamu tentu saja bisa terinfeksi juga," kata Briand.

Untuk itu, Briand mengimbau bahkan di dalam kolam renang sekalipun, kamu tetap harus menjaga jarak aman, sekitar 1,8 meter sampai 2 meter antara satu orang dengan orang lainnya.

Tips untuk kamu yang ingin berenang di tempat umum adalah jangan malas untuk menelepon terlebih dahulu tempat berenang yang akan kamu tuju. Buat appointment atau perjanjian terlebih dahulu serta jangan lupa menanyakan maksimal orang di dalam kolam renang di tempat tersebut. 

Catat jam kedatangan kamu dan pastikan tempat tersebut juga bersih dan melakukan disinfeksi secara rutin. Dan jangan lupa juga tetap terapkan protokol kesehatan 3M ya, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 berulang kali menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mencegah penyebaran pandemi virus korona lewat disiplin protokol kesehatan. Disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan atau 3M menjadi kunci memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(TIN)