FAMILY

5 Manfaat Ajak Anak Berenang Sejak Dini

Kumara Anggita
Rabu 16 Juni 2021 / 10:00
Jakarta: Selain memberikan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembangnya, anak juga perlu berolahraga agar ia bisa tumbuh dengan optimal. Salah satu jenis olahraga yang cocok untuk anak usia 0-1.000 hari adalah berenang.

Berenang menjadi pilihan terbaik karena memiliki berbagai manfaat seperti yang sebutkan oleh laman Aquababies:

 

1. Mengurangi obesitas


Mengajarkan berenang pada bayi mengurangi angka obesitas anak usia awal pertumbuhan. Masing-masing program Aquababies dilengkapi dengan olah fisik yang lengkap, membantu penguatan jantung dan paru-paru anak, serta membantu tumbuh kembang otaknya. Juga, meningkatkan stimulasi lima indera (perasa, penciuman, sentuhan, penglihatan dan pendengaran). 

 

2. Bonding dengan ayah


Kegiatan berenang juga dapat mempererat ikatan antara ayah dan anak. Biasanya anak memiliki kekuatan bonding yang sangat baik dengan ibu. Dengan berenang, anak bisa main bareng dengan ayah juga.


(Otot yang digunakan dalam sesi berenang akan lebih mudah aktif sehingga anak akan semakin kuat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Menjaga diri 


Tenggelam merupakan sebab utama kasus kematian bayi berusia di bawah 5 tahun di Inggris. Dengan belajar berenang sedini mungkin, membantu mengaktifkan organ dan keahlian natural berenang anak sejak dini sebagai bekal keamanan selama bermain air di kemudian hari.

 

4. Kemampuan berkoordinasi 


Kemampuan anak untuk berkoordinasi dan berkembang bisa dilatih dengan olahraga ini. Berenang bersama mainan di air, dapat meningkatkan motorik kasar bayi. Riset menunjukkan bahwa bayi yang bisa berenang dapat menggenggam materi lebih cepat dibandingkan bayi yang tidak bisa berenang.


(Mengajarkan berenang pada bayi mengurangi angka obesitas anak usia awal pertumbuhan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Anak semakin kuat


Berenang meningkatkan kekuatan anak. Otot yang digunakan dalam sesi berenang akan lebih mudah aktif dan kuat, sehingga bayi yang mengikuti sesi berenang akan lebih awal bisa berjalan. 
(yyy)